HONDA

Dinkes Pastikan Varian Omicron Belum Ditemukan di Kota Bengkulu

Dinkes Pastikan Varian Omicron Belum Ditemukan di Kota Bengkulu

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu memastikan sejumlah sample terkonfirmasi Covid-19 di Kota Bengkulu yang dilaporkan pada 11 Januari 2022 lalu, hasilnya telah keluar. Sebelumnya sample sudah dikirim ke Litbangkes guna mengetahui apakah terpapar Covid-19 dengan varian omicron.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Nelli Hartati mengatakan, saat ini dari 10 sample yang dikirimkan keseluruhan dinyatakan negatif Covid-19 varian Omicron. BACA JUGA: Sudah 100 Persen Belajar di Sekolah, Prokes jangan Kendor

"Sejauh ini belum ada konfirmasi untuk jenis virus Omicron. Tanggal 11 kemarin kita sempat ngirim sample ke Litbangkes. Itu keseluruhan sample yang kita kirim hasilnya negatif," ungkapnya, Rabu (2/2).

Namun dirinya menyebutkan, salah dari sample yang dikirim pada 11 Januari 2022 lalu ada 1 sample dengan pasien seorang perempuan dewasa yang sebelumnya diduga Omicron. Pemicunya,  pasien tersebut melakukan kontak erat dengan pelaku perjalanan dari daerah dengan status Omicron yang tinggi.

Namun bisa dipastikan bahwa sample tersebut, juga negatif Covid-19.

"Sempat ada kasus PCR positif karena orang ini kontak erat dengan pelaku perjalanan dari wilayah Omicron yang tinggi. Kita khawatir dan curiga bahwa adanya Omicron. Hasil dari Litbangkes, bahwa sample tersebut tidak signifikan. Jadi hasilnya tidak terbaca apakah Omicron atau tidak. Namun, insya Allah itu bukan Omicron karena kita tahu bahwa Omicron penularannya sangat cepat dan mudah," lanjutnya. BACA JUGA: Taman Remaja Harus Hasilkan PAD

Dari hasil screening yang dilakukan Dinkes Kota Bengkulu, Nelli menyebutkan, orang yang terkontak dengan pasien tersebut tidak ada yang terpapar Covid-19 karena pihaknya telah melakukan pemeriksaan PCR. (tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: