HONDA

Naik Bus Gratis, Tapi Ada Syaratnya

Naik Bus Gratis, Tapi Ada Syaratnya

     

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) kembali mengaktifkan bus gratis bagi pelajar. Terhitung Februari ini, pelajar yang ingin naik bus dipersilahkan dengan  syarat harus membawa sampah.

 Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten BS siap mengoperasikan tiga bus. Sesuai instruksi Bupati BS Gusnan Mulyadi, bus - bus tersebut, harus melayani pelajar baik berangkat maupun pulang sekolah.

BACA JUGA: Mesin Bus Milik Pemkab Ini Sudah Dijarah Maling

 Kepala Dishub Kabupaten BS Alian mengatakan, tiga bus tersebut melayani rute pelajar mulai TK, SD, SMP hingga SMA di Kabupaten BS.  Untuk rute sementara ini, Dishub hanya melayani di Kota Manna dan sebagian di jalur Manna dan Pasar Manna.

 Bus sekolah ini diterangkan Alian khusus untuk pelajar dan gratis. Pemerintah tidak memungut biaya sepeserpun. Akan tetapi sebagi bentuk innovasi di tahun 2022 ini, Dishub mewajibkan setiap anak atau pelajar yang naik bus membawa sampah.

 Dengan tujuan anak terbiasa menjaga kebersihan lingkungan dan sekolah. Bahkan pihak Dishub menyakini ini tidak akan memberat pelajar. "Cukup membawa satu atau dua sampah plastik khususnya. Bak sampah sudah disediakan khusus di bus. Nanti kita masukkan sampah ke bank sampah," kata Alian.

BACA JUGA: Masa Jabatan Mau Habis, Fery Ingatkan Masih Bisa Lakukan Mutasi

 Sementara itu untuk penambahan armada, Dishub belum dapat memastikan. Kendati demikian pihaknya berharap seluruh kecamatan di Kabupaten BS dapat terlayani dengan program bus sekolah gratis ini.

 Bupati BS berharap orang tua dapat membiasakan anak - anaknya naik bus gratis. Dengan begitu, akan lebih menghemat biaya dan pelajar lebih aman saat di jalan ketimbang membawa kendaraan sendiri.

"Silakan naik bus, aman dan hemat. Nanti kalau ada kesempatan bus ditambah dan rutenya dikembangkan hingga bisa melayani seluruh wilayah," terang Gusnan. (tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: