HONDA

Ambles, Jalan Provinsi Putus

Ambles, Jalan Provinsi Putus

Air Muring-Air Putih

MSS, rakyatbengkulu.com – Hujan deras sejak Kamis, Jumat dan Sabtu sore mulai menyebabkan bencana. Jalan provinsi di Desa Sukamerindu Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Bengkulu Utara putus.

Pemicunya, tingginya curah hujan mengakibatkan tanah di bawah jalan beraspal tersebut ambles. BACA JUGA: Banjir di Ketahun

Sehingga membuat setengah lebih badan jalan putus. Bahkan setengah bagian jalan yang lain sudah nampak retak karena bagian tanahnya juga ambles.

Pemerintah desa mengalihkan arus lalu lintas kendaraan dari jalan Desa Suka Merindu menuju Desa Air Putih dan Air Muring melalui jalan Desa Kota Bani.

Dahrul tokoh pemuda Desa Sukamerindu menuturkan jika jalan tersebut ditutup sementara terutama untuk kendaraan roda empat.

Pasalnya kondisi jalan sudah benar-benar tidak memungkinkan untuk dilintasi, meskipun hanya setengah bagian jalan yang berlubang, setengah lagi sudah ambles.

“Jadi sangat berbahaya jika dipaksakan untuk dilintasi. Sehingga memang jalan ditutup sementara,” katanya. BACA JUGA; Sungai Bengkulu Meluap Lagi, Ruas Jalan Nasional di Benteng Lumpuh

Sedangkan untuk kendaraan roda dua tetap bisa melintas namun harus kelaur dari badan jalan aspal.

Namun warga khawatir jika memang tidak dilakukan penanganan cepat, bagian tanah yang ambles akan lebih meluas lagi.

“Karena hari ini (Kemarin red) hujan deras lagi. Sedangkan sama sekali tidak ada tempat aliran air di bawah bagian jalan sehingga jalan yang ambles itu bisa makin meluas,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Eka Hendriyadi, SH, MH menuturkan jika Pemkab BU akan berkoordinasi dengan Pemprov terkait penanganan jalan tersebut.

Namun BPBD akan mencari langkah darurat terkait penanganan agar kerusakan jalan tidak meluas.

“Kita akan cari langkah darurat agar jalan bisa dilintasi dan warga tidak harus memutar untuk keluar masuk desa,” pungkas Eka. (qia)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: