HONDA

Kembali Sekolah Tiga Kali Seminggu

Kembali Sekolah  Tiga Kali Seminggu

   

ARGA MAKMUR, rakyatbengkulu.com – Sebanyak 280 sekolah di Bengkulu Utara (BU) mulai dari SD hingga SMP, kembali memberlakukan belajar tatap muka 3 kali seminggu.

Hal ini dilakukan seiring kasus Covid-19 kembali muncul di BU.

BACA JUGA: Di Kaur, Mulai “Full” Sekolah Tatap Muka

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan BU, Dr. Agus Haryanto, SE, MM menjelaskan Pemkab BU sudah membuat surat edaran pada seluruh sekolah untuk memberlakukan belajar tatap muka 3 kali seminggu. Ini untuk mengurangi jumlah siswa, 50 persen di sekolah.

“Teknisnya silakan sekolah yang menentukan, yang jelas kapasitas harus 50 persen dari jumlah siswa per harinya,” ujar Agus.

Sekolah juga diminta melakukan pemadatan jam belajar dan tidak melakukan jam istirahat di luar kelas. Siswa diperbolehkan membawa makanan dari rumah, namun istirahat beberapa menit hanya dilakukan dalam kelas.

“Kita menghindari siswa ini berkerumun saat waktu istirahat sekolah” ujarnya.

Selain itu, guru juga diminta berkoordinasi dengan wali siswa memastikan siswa-siswa tersebut sudah mengikuti vaksinasi, termasuk murid SD. Hal ini agar pandemi Covid-19 tidak menular pada siswa.

BACA JUGA: Sudah Langganan Banjir

“Kita sudah menggelar PTM 100 persen selama satu bulan, namun muncul kasus baru. Jika kasus covid meluas, bukan tak mungkin kembali ke sekolah secara daring. Salah satu menghindarinya dengan vaksinasi,” terang Agus.

Selain siswa, seluruh tenaga pendidikan di sekolah juga harus memastikan dalam kondisi sehat dan tidak ada keluraga dekatnya yang terpapar Covid-19. Ini menghindari adanya yang terpapar Covid-19 namun berstatus tanpa gejala. “Jangan sampai sekolah menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” ujar Agus. (qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: