HONDA

Nakes Nusantara Sehat Tugasnya di Puskesmas Terpencil

Nakes Nusantara Sehat Tugasnya di Puskesmas Terpencil

 

SELUMA, rakyatbengkulu.com - Kabupaten Seluma kembali mendapatkan tambahan tenaga kesehatan (Nakes) program Nusantra Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Sebelumnya Kabupaten Seluma juga kedatangan 27 Nakes dan telah mengabdi dari akhir tahun 2021 lalu.

Saat ini Seluma kembali mendapatkan enam Nakes, dari formasi berbeda - beda. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin, S.Sos mengatakan, enam Nakes program Nusantara Sehat Kemenkes ini berasal dari luar daerah.

Diantaranya dua dari Aceh, satu dari Kendari Sulawesi Tenggara, tiga orang dari Kota Bengkulu dan Bengkulu Selatan. Sebagian besar merupakan tenaga kesehatan farmasi dan tenaga kesehatan lingkungan.

BACA JUGA: Insentif Nakes Belum Dianggarkan

"Mereka ini untuk membantu pelayanan kesehatan di tempat tugasnya masing-masing yang mengalami kekurangan tenaga kesehatan," ujarnya.

Ia menjelaskan, mereka akan dikontrak selama dua tahun bertugas di Kabupaten Seluma. Rencananya keenam Nakes ini di tempatkan di Puskesmas Penago II, Puskesmas Muara Maras, Puskesmas Gunung Kembang, Puskesmas Sukamerindu, Puskesmas Seluma Timur dan Puskesmas Dusun Tengah.

"Nakes Nusantara Sehat yang kita terima ini akan dikontrak selama dua tahun. Seluruh gajinya itu ditanggung oleh Kementerian Kesehatan," sampainya.

BACA JUGA: Sebelum Ditemukan Bunuh Diri, Remaja Pergi Mandi Sambil Bawa Kabel

Sebelumnya, Kabupaten Seluma menerima Nakes program Nusantara Sehat dari  Kemenkes bidang Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 27 Nakes  dengan  rincian 20 Nakes individual dan  7 Nakes mandiri. Mereka akan ditempatkan diseluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Seluma sesuai dengan kebutuhan.

Nakes program Nusantara Sehat ini terdiri dari Nakes dokter umum dan doktrer gigi sembilan orang. Kemudian ada Nakes analis kesehatan, sanitarian, tenaga gizi dan farmasi. Sementara itu bidan memang tidak ada karena Kabupaten Seluma tidak mengusulkan lantaran Nakes bidan sudah terlalu banyak dari PTT.

Mereka individual akan ditempatkan di Puskesmas. Tetapi untuk yang mandiri khusus ditempatkan di Puskesmas daerah terpencil. (juu)

Simak Video Berita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: