HONDA

Rukyatul Hilal Digelar 1 April

Rukyatul Hilal Digelar 1 April

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Pada awal April nanti, sidang isbat rukyatul hilal akan digelar. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Zahdi Taher, M.HI, melalui Kabid Urusan Agama dan Islam (Urais) Drs. H. Ramlan, M.HI menyampaikan sidang penetapan 1 Ramadhan ini akan serentak dilakukan se- Indonesia.

Dengan dikordinasikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. “Insya Allah kita gelar sidang isbat Jumat, 1 April nanti,” kata Ramlan, (20/3). Dijelaskannya, seperti tahun lalu, untuk lokasi titik pemantauan di Provinsi Bengkulu berada di Mess Pemda Prov.Bengkulu Jl. Pasar Pantai Kel. Malabero Kec. Teluk Segara. BACA JUGA: Muhammadiyah: 2 April Awal Puasa Ramadan, Idul Fitri 2 Mei

“Saat ini kita sedang mempersiapkan. Termasuk Badan Hisab Rukyat (BHR) Provinsi Bengkulu untuk mempersiapkan untuk pelaksanaan rukhiyatul hilal nanti,” papar Ramlan. Apapun hasil dari sidang isbat nanti, lanjutnya, akan dilaporkan ke Kemenag RI.

Mengingat pelaksanaan sidang isbat tersebut merupakan bagian dari Badan Hisab rukyatul Provinsi Bengkulu, yang termasuk dalam BHR se Indonesia. “Biasanya kita sudah stanby jam 5 sore di mess Pemda. Apapun hasil yang kita dapatkan nanti, baik bulannya nampak atau tidak, tetap kita sampaikan ke Kementerian Agama pusat. Kan cuaca nanti yang menentukan,” kata Ramlan. BACA JUGA: Billboard di Tengah Kota Ini Bikin Khawatir

Pada sidang isbat nanti, ia menjelaskan tak hanya ruang lingkup Kemenag Provinsi Bengkulu, namun juga akan dihadirkan. beberapa tokoh masyarakat dan OPD guna memantau pelaksanaan sidang isbat ini. Diantaranya, ada Pengadilan Tinggi Agama, ormas Islam dan unsur terkait lainnya. “Ada juga ormas Islam, seperti MUI, NU, Muhammadiyah, Baznaz, dan kita juga mengundang BMKG,” jelas Ramlan. (war)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: