HONDA

Setelah 36 Tahun, Kanada Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022

Setelah 36 Tahun, Kanada Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022

   

SALAH  satu utusan Zona Concacaf menuju piala dunia Qatar 2022, sudah pasti ditempati Kanada. Negara yang jarang tampil di ajang piala dunia itu, memastikan diri lolos usai   mengalahkan Jamaika 4-0, Senin, 28 Maret 2022 pagi WIB.

Kanada awalnya gagal meraih jatah melalui zona Amerika Utara dan Tengah, akibat kalah 0-1 dari Kosta Rika pada Kamis pekan lalu. Namun, Kanada kembali ke kandang dengan tujuan baru.

Mereka bertekad menyelesaikan tugasnya di depan penonton sendiri di mana 30.000 orang memadati stadion BMO Field. Dua gol yang dibuat Cyle Larin dan Tajon Buchanan membawa Kanada unggul 2-0 pada babak pertama. BACA JUGA: Derita Italia Gagal ke Piala Dunia 2022

Junior Hoilett lalu menambahkan satu lagi setelah turun minum, sebelum gol bunuh diri Adrian Mariappa menyempurnakan kemenangan 4-0. Kanada akan tampil dalam Piala Dunia pertamanya sejak Piala Dunia Meksiko 1986.

Saat itu, mereka kalah dalam tiga pertandingan fase grup dan bahkan tak bisa mencetak satu pun gol. Menyisakan satu pertandingan kualifikasi lagi, Kanada kokoh di puncak klasemen CONCACAF dengan 28 poin, unggul tiga poin dari Amerika Serikat dan Meksiko.

Meksiko dan Amerika Serikat, mesti menjalani pertandingan terakhirnya 31 Maret nanti meski menang atas Panama dan Honduras, karena saat bersamaan Kosta Rika juga menang menang 2-1 dari tuan rumah El Salvador. Amerika Serikat mendapatkan sumbangan hattrick dari gelandang Chelsea Christian Pulisic saat melumat Panama 5-1. Dua gol AS lainnya dicetak oleh Paul Arriola dan Jesus Ferreira. BACA JUGA; Jepang Lengkapi Jatah 4 Tiket Lolos Langsung Zona Asia ke Piala Dunia

Meksiko sendiri menang tipis 1-0 di kandang Hondsras berkat gol Edson Alvares pada 20 menit terakhir pertandingan.  

20 Negara Lolos

Sedangkan dua gol pada babak pertama yang dibuat Anthony Contreras dan Joel Campbell membawa Kosta Rika menang 2-1 atas tuan rumah El Salvador yang juga mencetak gol pada babak pertama melalui Cristian David Hil Hurtado.

Sementara itu, sejauh ini 20 negara dipastikan merebut tiket putaran final Piala Dunia 2022 Qatar Desember mendatang.

Ke-19 negara itu yakni, Qatar, Jerman, Denmark, Brasil, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, Belanda, Argentina, Iran, Korea Selatan, Jepang, Saudi Arabia, Ekuador, Uruguay dan terakhir Kanada. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: