HONDA

Pemkab Tak Gelar Seleksi MTQ, MUI Kepahiang Siap Urunan

Pemkab Tak Gelar Seleksi MTQ, MUI Kepahiang Siap Urunan

   

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kepahiang, H. Rabiul Jayan, S.Ag, MH menyesalkan kebijakan Pemkab Kepahiang dinilai telah abai. Terkait tidak digelarnya seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kepahiang tahun ini.

Padahal beberapa bulan mendatang akan diselenggarakan event MTQ tingkat Provinsi Bengkulu di Kabupaten Kaur.

“Belum ada MTQ tingkat kabupaten dilaksanakan di Kepahiang. Untuk itu kami mempertanyakan kepada Pemkab Kepahiang, ada tidak diagendakan dan dianggarkan untuk pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini? Kalaupun tidak ada jelaskan agar kita tahu bahwa itu tidak ada,” sampai Ustaz Jayan di hadapan para undangan saat coffee morning Pemkab Kepahiang, (28/3). BACA JUGA: Kaur Bersiap jadi Tuan Rumah MTQ

Kalau memang Pemkab tidak ada anggaran, Ustaz Jayan melanjutkan, hendaknya pemkab jujur kepada masyarakat. Bahkan ia mengatakan bahwa para tokoh agama di Kabupaten Kepahiang siap bahu membahu melakukan pengumpulan dana (urunan) untuk melaksanakan MTQ tingkat kabupaten.

“Kalau memang tidak ada anggaran namun Pemkab memiliki niat untuk melaksanakan, kami siap urunan. Saya jamin anggarannya bisa didapatkan dan kegiatan bisa diselenggarakan,” tegasnya lagi. Oleh karena itu, sambung Ustaz Jayan, pihaknya meminta Pemkab Kepahiang untuk bisa menganggarkan pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten minimal 2 tahun sekali.

“Untuk ulang tahun kabupaten setiap tahun bisa dianggarkan, apalagi untuk pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten. Kita minta kepada Pemkab Kepahiang untuk bisa mempertimbangkan usulan ini,” ucapnya.

Tahun Depan Dianggarkan

Apa yang dikemukakan Ustaz Jayan tersebut langsung dijawab Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd.

Ia mengatakan, tahun ini Pemkab Kepahiang memang tidak menganggarkan untuk pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten. Namun Sekda menjamin tahun anggaran 2023 Pemkab Kepahiang akan menganggarkannya. “Sebelumnya kita hanya menganggarkan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi bagi para kontingen. BACA JUGA: Balita Gizi Buruk Asal Lebong Dirawat di Curup, Kondisinya Memprihatinkan

Kebutuhan akomodasi dan uang pembinaannya. Namun tahun anggaran kedepan kita akan anggarkan untuk seleksinya melalui MTQ tingkat kabupaten. Kegiatan ini akan kita jadikan agenda tahunan Pemkab Kepahiang. Minimal setahun sebelum MTQ tingkat provinsi, kita sudah melaksanakan MTQ tingkat kabupaten,” ujar Hartono. (sly)

Simak Video Berita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: