HONDA

Pertalite Langka, Nelayan Menjerit

Pertalite Langka,  Nelayan Menjerit

     

KAUR, rakyatbengkulu.com – Langkanya BBM jenis pertalite membuat sejumlah nelayan di Kabupaten Kaur tidak melaut. Kamsudi (44), salah seorang nelayan tradisional Pasar Lama Kecamatan Kaur Selatan mengatakan mesin perahu yang digunakan saat ini menggunakan bahan bakar jenis pertalite.

Namun karena tak pernah kebagian untuk membeli di SPBU, mengharuskan menggunakan BBM jenis pertamax. Dengan kenaikan harga Pertamax yang mencapai Rp 13 ribu membuat sebagian nelayan terpaksa berhenti melaut.

”Harga pertalite memang turun tapi langka. Yang ada hanya pertamax dengan harga yang tinggi,” keluhnya. BACA JUGA: Harga Pertamax Naik Jadi Rp 12.500

Komarudin (38) yang juga nelayan Pasar Lama menambahkan, kondisi ini dipastikan membuat masyarakat kecil kian menjerit. Pasalnya, kenaikan harga BBM pertamax juga berbarengan dengan meroketnya harga kebutuhan pokok.

Di tengah kondisi ini, harga jual hasil laut tak mengalami kenaikan, sehingga mengharuskan nelayan berpikir kembali untuk melaut.

“Jika tidak ke laut seperti saat ini, kami tidak memiliki penghasilan. Kami terpaksa beli beras dengan cara berutang dulu ke warung. Kalau sekedar lauk pauk masih bisa didapat dengan memancing dipinggir. Yang kami takutkan sampai kapan seperti ini,” tuturnya.

Hal serupa, diakui Ketua BPD Tanjung Pandan, Burlian. Ia menceritakan keseharian mencari nafkah sebagai sopir travel di tengah sulitnya mendapatkan BBM jenis pertalite di SPBU, membuat dirinya terpaksa menggunakan pertamax dengan selisih harga yang tinggi.
Penumpang Sepi

Menurutnya, naiknya harga pertamax, sangat berpengaruh pada biaya operasional. Ditambah lagi saat ini sepinya penumpang juga membuatnya kian merasakan kesulitan. BACA JUGA: PWI Peduli Siapkan Paket untuk Dhuafa

“Mau tidak mau kami harus menaikkan tarif angkutan. Untuk nominal berapa masih harus dimusyawarahkan dengan rekan yang lain,” sampai Burlian.

Berdasarkan pantauan RB, naiknya harga BBM jenis pertamax diikuti naiknya harga beli di tingkat penjual eceran. Bila sebelumnya harga BBM jenis ini dihargai penjual Rp 10 ribu per liter, kini naik menjadi Rp 14 ribu - Rp 15 ribu per liter.

Sedangkan pertalite, hanya ada pagi hari saja di SPBU. (cw3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: