BANNER KPU
HONDA

10 Senpi Ditarik dari Personel Polres RL

10 Senpi Ditarik dari Personel Polres RL

 

CURUP, rakyatbengkulu.com - Polres Rejang Lebong (RL) menggelar kegiatan pemeriksaan senjata api (Senpi) milik personel mereka, (20/4).

Pemeriksaan rutin berkala ini, dalam rangka pengawasan, pengendalian serta mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh personel.

Ini dikatakan Kapolres RL AKBP Tonny Kurniawan, S.IK saat menyaksikan langsung, pemeriksaan dilakukan Seksi Propam Polres RL dan dipimpin langsung Iptu Alkira Pasla. Pemeriksaan dilakukan terhadap fisik senjata api dan seluruh kelengkapannya.

“Pemeriksaan senjata api ini sifatnya pengawasan dan pengendalian. Tujuan yang utama adalah mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh personel Polri, khususnya anggota Polres Rejang Lebong,’’ sampai Kapolres Tonny. BACA JUGA: Ditegur Malah Dibentak, Suami Emosi, Begini Akhirnya

Kemudian, lanjut Kapolres, untuk personel yang akan memegang senjata api dinas, wajib mengikuti psikotest dengan hasil memenuhi syarat.

Selanjutnya mereka yang telah memenuhi syarat tidak serta merta langsung mendapatkan senpi, karena ada seleksi lagi dengan pertimbangan bagaimana perilaku personel tersebut di lingkungan kerja maupun di lingkungan rumah.

“Dan diwajibkan untuk personel yang memegang senjata api dinas harus punya kemampuan pengamanan senjata api yang dipegangnya serta kemampuan menembak ,” sambung Kapolres.  

Tak Penuhi Syarat

Sementara itu, Kasi Propam Polres RL Iptu Alkira Pasla menyebutkan, total personel yang diperiksa sebanyak 94 orang.

Dari jumlah tersebut, hasilnya 10 orang diantaranya senpi dilakukan pencabutan alias penarikan. Penarikan ini dilakukan karena berbagai pertimbangan dan hasil pemeriksaan kemarin. BACA JUGA: 4 Terdakwa OTT Bantuan UMKM Benteng Divonis 1 Tahun 6 Bulan

Ditambahkan Alkira, senpi yang ditarik tersebut dikarenakan beberapa faktor, yaitu sudah berdinas di staf, karena tidak memenuhi syarat dalam psikologi pemegang senjata api dan karena kelengkapan administrasi dan kebersihan senjata api.

Semua senpi yang ditarik dari personil tersebut, selanjutnya digudangkan di ruang penyimpanan bagian logistic Polres RL. “Semuanya 10 unit laras pendek yang kita tarik dan akan digudangkan terlebih dahulu,’’ imbuh Alkira. (dtk)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: