HONDA

Berikut Potensi Titik Longsor di Jalur Mudik, Kenali

Berikut Potensi Titik Longsor di Jalur Mudik, Kenali

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Tak lama lagi arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H dimulai. Sejumlah daerah rawan longsor di jalan yang dilalui pemudik, patut diwaspadai. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terdapat beberapa titik rawan longsor di Provinsi Bengkulu.

Diantaranya, Bengkulu Tengah (Benteng), Kepahiang, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu Selatan maupun di Kaur dan Bengkulu Utara.

Berdasarkan pendataan BPBD dan Polres Benteng, disepanjang jalan lintas Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang terdapat empat titik jalan yang sangat rawan sekali longsor dan amblas.

Sehingga empat titik jalan ini, akan menjadi perhatian selama arus mudik sangat meningkat beberapa hari ke depan. BACA JUGA: Libur Lebaran Dua Pekan, Jangan Tambah Lagi

Kepala BPBD Benteng, Samsul Bahri menjelaskan, jalan di sepanjang kawasan liku sembilan Kecamatan Taba Penanjung semuanya hampir rawan longsor.

Mengingat kawasan tersebut merupakan kawasan hutan, saat ini sudah banyak pohon ditebang oknum tidak bertanggungjawab.

“Bahkan apabila Kabupaten Benteng diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi, di kawasan liku sembilan tersebut kerap sekali terjadi longsor, baik itu dengan volume yang besar maupun kecil.

Sehingga selama jelang lebaran idul fitri ini kawasan liku sembilan ini akan menjadi perhatian khusus bersama, apalagi pada saat hujan,” ujarnya. BACA JUGA: Usulkan Honorer Satpol PP Jadi PPPK

Lanjutnya, kemudian ada dua titik jalan yang berada di Desa Talang Empat Kecamatan Karang Tinggi, yang mana pada saat ini kondisinya sudah longsor dan amblas. Namun jalan tersebut tak kunjung diperbaiki oleh Balai Pengawas Jalan Nasional (BPJN).

“Jalan tersebut sudah tiga tahun yang lalu longsor, namun tidak juga diperbaiki. Padahal kami selalu mengusulkan kepada BPJN untuk memperbaiki jalan tersebut,” pungkasnya.

Kapolres Benteng, AKBP. Ary Baroto, S.IK, MH melalui Kasat Lantas, Iptu. Wiyanto, SH melalui KBO Lantas, Ipda. Mawardi, SH menjelaskan, jelang lebaran Idul Fitri ini pihaknya telah melakukan pendataan terhadap titik jalan yang sangat rawan longsor.

Hal ini dilakukan demi keselamatan para pengendara yang ingin mudik maupun pergi liburan berwisata khususnya yang melalui jalur Kota Bengkulu - Kabupaten Kepahiang.

“Berdasarkan pendataan jalan yang sangat rawan longsor ada empat titik. Dua titik di Desa Talang Empat dan dua titik dikawasan liku sembilan. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: