BANNER KPU
HONDA

Lampu Tenaga Surya Diembat Maling

Lampu Tenaga Surya Diembat Maling

 

KAUR, rakyatbengkulu.com – Sistem penerangan jalan raya yang menggunakan solar panel tenaga surya di Kabupaten Kaur jadi sasaran pelaku pencurian.

Pelaku berhasil mencuri lampu tenaga surya. dengan cara merobohkan tiang yang berdiri kokoh di sisi badan jalan wilayah Desa Tinggi Ari Kecamatan Tanjung Kemuning.

Aksi pencurian ini diduga dilakukan malam hari. BACA JUGA: Miliki Gangguan Psikis, Istri Hilang Dua Hari

“Terkadang kita kontrol juga namun tidak bisa setiap waktu. Bulan lalu juga pernah hilang tapi tiangnya tidak dirobohkan. Namun kali ini tiangnya dirobohkan oleh pelaku,” kata Kepala Desa Tinggi Ari, Orianto S.Pd.

Orianto menjelaskan, lampu tenaga surya tersebut memiliki dampak positif bagi warga terutama pada malam hari. Dengan adanya penerangan jalan ini, pengendara akan terasa nyaman ketika melintasi jalan di wilayah desa tersebut.

Ia mengatakan tiang dan lampur tenaga surya tersebut dibangun oleh P2JN Bengkulu, karena merupakan jalan nasional.

“Mereka sudah melapor ke polisi atau belum saya tidak tahu. Yang jelas kejadian ini sudah lebih dari satu kali,” ujarnya. BACA JUGA: Baru Kenalan Sehari, Siswi SMP Dicabuli

Samsudin (42), salah seorang warga Desa Tinggi Ari menambahkan warga pernah melakukan penjagaan, namun tetap saja pelaku lebih tahu situasi sehingga aset negara tersebut tetap hilang.

“Sejak lampu tersebut hilang, kondisi jembatan dan jalan jadi kembali gelap saat malam hari,” jelasnya. (pir)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: