HONDA

Harga TBS sudah Menyentuh Seribu Rupiah, Surat “Sakti” Gubernur Dinanti

Harga TBS sudah Menyentuh Seribu Rupiah, Surat “Sakti” Gubernur Dinanti

   

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com – Surat “sakti” Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dinanti Pemkab Mukomuko. Dengan harapan, surat itu nanti dapat merubah harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit menjadi lebih baik.

Mengingat harga TBS di Mukomuko saat ini terus menukik.

Pemkab Mukomuko berharap surat gubernur didasari surat dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. Di mana dinyatakan antara lain, crude palm oil (CPO), tidak termasuk ke dalam produk kelapa sawit yang dilarang diekspor. BACA JUGA: Segera Atasi Anjloknya Harga TBS! Muharamin: Harus Duduk Satu Meja

“Pelarangan ekspor yang sesungguhnya hanya diterapkan kepada RDB Palm Olein (tiga pos tarif). Artinya tidak ada keterkaitan dengan harga tandan buah segar (TBS) yang dijual petani ke pabrik,” jelas Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, Apriansyah, ST, MT.

 Masih surat dari pusat itu, bahwa sangat dimungkinkan terjadinya penurunan harga TBS di pabrik dilakukan sepihak oleh manajemen pabrik. Yang mana sekarang menimbulkan keresahan di tengah petani kelapa sawit.

“Pemerintah pusat meminta gubernur dan bupati memberikan teguran atau saksi kepada perusahaan yang melanggar peraturan yang ada. Terutama dalam hal penetapan harga pembelian TBS kelapa sawit kebun masyarakat,” terang Apriansyah lagi.

Pemkab Siap

 Untuk Mukomuko lanjut Apriansyah, bupati siap menerbitkan surat yang akan ditujukan ke seluruh pabrik kelapa sawit (PKS) yang beroperasi di Mukomuko.

Tetapi harus diawali dari gubernur. Lantaran tim penetapan harga TBS berada di provinsi. BACA JUGA: Kolaborasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan: Sosialisasikan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

 “Kami masih menunggu surat yang diterbitkan Gubernur Bengkulu. Apa isinya, nanti akan ditindaklanjuti melalui surat Bupati Mukomuko,” ucapnya.

 Kemungkinan besar surat dari gubernur akan disampaikan ke seluruh perusahaan usai lebaran mendatang. Sebab, sejumlah pabrik di Mukomuko saat ini mulai menghentikan aktivitas membeli TBS kelapa sawit masyarakat.

 “Mulai besok (hari ini) sudah ada pabrik yang tutup atau tidak lagi membeli TBS petani hingga usai libur lebaran. Jadi kemungkinan besar surat akan disampaikan pemerintah ke pabrik usai lebaran,” demikian Apriansyah. (hue)

Harga TBS di Pabrik Kelapa Sawit
  Perusahaan          23 April              25 April              26 April      SAPTA                 Rp 2.950/Kg         Rp 1.650/Kg            Rp 1.350/kg KSM                    Rp 3.140/Kg         Rp 2.090/Kg             Rp 1.790/kg MMIL                  Rp 3.090/Kg         Rp 2.090/Kg             Rp 1.790/kg SSS                     Rp 3.080/Kg         Rp 2.030/Kg                Rp 1.780/kg SAP                    Rp 3.130/Kg         Rp 2.030/Kg                Rp 2.030/kg KAS                    Rp 3.070/Kg        Rp 2.070/Kg                Rp 1.770/kg DDP                   Rp 3.090/Kg         Rp 2.090/Kg                Rp 1.790/kg Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: