HONDA

Lebaran Dulu, Baru Serahkan Kandidat Caretaker

Lebaran Dulu, Baru Serahkan Kandidat Caretaker

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah segera menyampaikan nama - nama kandidat caretaker Bengkulu Tengah (Benteng), selepas Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Benteng Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH dan Septi Peryadi, S.TP sendiri,  berakhir pada 22 Mei 2022 mendatang.

“Ya nanti akan kita segera kan, dan sampaikan ke Kemendagri, “ kata Rohidin. Dijelaskan, saat ini pihaknya masih mengkaji profil dari masing - masing kandidat untuk calon caretaker Bupati Benteng. BACA JUGA: Rohidin Sudah “Kantongi” Nama Kandidat Caretaker Benteng

Sesuai dengan undang - undang berlaku, maka sebelum berakhirnya masa jabatan “Tentunya itu kan perlu lakukan evaluasi secara menyeluruh dari kriteria yang sudah diatur oleh undang-undang.  Sebelum disampaikan kepada kemendagri, “ imbuh Rohidin.

Sementara itu, meskipun mulai mencuat banyak ia masih enggan menyebutkan satu nama kandidat caretaker. Ia berkilah, belum waktunya.

Ia memastikan dalam pengusulan nama caretaker ini dipertimbangkan dengan seksama.

Pasalnya masa jabatan untuk caretaker ini cukup lama. Yakni sekitar dua tahun masa jabatan. “Kita hanya mengusulkan, yang akan menetapkan itu menteri dalam negeri. Kalau secara aturan itu tiga nama,” jelasnya.

Berdasarkan Undang - Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pilkada baru akan digelar pada 2024. BACA JUGA: Bahaya, Air Sungai Bengkulu Terkontaminasi Mikroplastik

Pasal 201 UU Pilkada, penjabat merupakan pejabat pengganti gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota yang masa jabatannya sudah habis.

Penjabat diisi oleh aparatur sipil negara (ASN) yang menduduki jabatan pimpinan tinggi madya, baik di level pemerintah pusat maupun provinsi.

“Yang jelas 14 hari sebelum jabatan berakhir itu sudah disiapkan, “ tukasnya. (war)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: