HONDA

Embarkasi Haji Bengkulu Gagal, Kuota CJH Kurang, Tetap Transit ke Padang

Embarkasi Haji Bengkulu Gagal, Kuota CJH Kurang,  Tetap Transit ke Padang

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Provinsi Bengkulu tahun ini, diwacanakan akan berangkat langsung dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu ke Arab Saudi.

Namun, nampaknya wacana itu belum akan terwujud tahun ini. Sehingga CJH harus transit ke embarkasi Padang, Sumatera Barat untuk terbang ke Jeddah Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Dikatakan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Intihan menerangkan pemberangkatan haji tahun ini akan tetap haji antara. BACA JUGA: Final, Hanya 747 CJH Bengkulu ke Tanah Suci

Karena menurutnya untuk menerapkan haji embarkasi masih ada beberapa hal yang harus di penuhi. “Pemberangkatan haji tahun ini masih tetap haji antara, dengan rute seperti biasa” terang Intihan.

          Ia menerangkan untuk menerapkan embarkasi haji penuh tidaklah mudah lantaran beberapa persyaratan yang mesti terpenuhi.

 “Jadi embarkasi penuh itukan bukan mudah syaratnya, bandaranya mesti Internasional. Pesawat yang mendarat isi 450 orang, sedangkan bandara Bengkulu belum bisa seperti itu,” jelasn Intihan.

          Selain persyaratan bandara, ia menambahkan untuk persyaratan lain yakni CJH harus 4000 orang. “Persyaratan lainnya yaitu jumlah jamaah mesti 4000 jamaah. Sedangkan Provinsi Bengkulu hanya 1600 an jamaah,” demikian Intihan.

Sementara itu, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Kelas I TPI Bengkulu Edmon Arwin mengatakan, memang ada wacana CJH embarkasi Bengkulu. Saat ini persiapannya sudah 80 persen, nantinya CJH Provinsi Bengkulu tidak perlu lagi transit ke Padang. BACA JUGA: Wisatawan Luar Provinsi Padati Rumah Pengasingan Bung Karno

          “Direncanakan pemberangkatan CJH Provinsi Bengkulu tidak lagi haji antara tetapi pemberangkatan haji menjadi embarkasi penuh,” terang Edmon.

Belum Internasional

          Ditambahkannya, walaupun bandar udara Fatmawati Soekarno belum berstatus internasional, untuk rencana embarkasi haji dapat dilakukan.

“Rencana ini sudah dari tiga tahun lalu, dan terus diupayakan. Secara SOP pemberangkatan CJH embarkasi haji dari Bengkulu ke Arab Saudi dapat dilakukan dengan meminjam cap paspor dari Imigrasi Padang,” imbuhnya.

            Dengan diterapkannya embarkasi haji penuh, untuk CJH Provinsi Bengkulu dapat mempersingkat waktu para CJH saat menunaikan ibadah haji.

“Keuntungan bagi CJH yang jelas tidak perlu lagi transit ke Bandara lain, dengan embarkasi haji penuh ini nantinya CJH langsung berangkat dari Bengkulu menuju Arab Saudi,” demikian Edmon. (cw4)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: