HONDA

Masjid Agung dan Picung Tetap Primadona

Masjid Agung dan  Picung Tetap Primadona

 

TUBEI, rakyatbengkulu.com - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lebong dari sektor wisata selama libur lebaran dipastikan meningkat drastis.

Soalnya 2 hari terakhir, pemasukan retribusi wisata meningkat hingga 10 kali lipat. Itu sesuai survei yang dilakukan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), ke beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Lebong.

 Namun dari 5 lokasi objek wisata yang dibuka, hanya 2 lokasi yang pengunjungnya sangat membludak. Yakni Masjid Agung Sultan Abdullah dan Danau Picung di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pelabai. BACA JUGA: Petaka Lebaran di Waterboom Tirta Mukti, Dasar Kolam Miring, Murid SD Meninggal

''Jika di hari libur biasa, pengunjung yang datang paling banyak 150 orang. Saat libur lebaran pengunjung yang datang tembus sampai seribu orang per harinya,'' ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disparpora Kabupaten Lebong, Wayan Sukanta, M.Pd.

Dengan peningkatan jumlah pengunjung yang drastis itu, diyakininya target PAD pariwisata bisa tercapai.

Tahun ini kedua objek wisata itu, ditarget menghasilkan PAD lebih Rp 40 juta. ''Mudah - mudahan dengan realisasi wisata selama libur lebaran, membantu pencapaian target PAD tahun ini,’’ ujar Wayan.

 Sementara Sukman, pengelola objek wisata Danau Picung mengatakan, selama libur lebaran rata - rata realisasi retribusi wisata di Danau Picung dan Masjid Agung Sultan Abdullah, mencapai Rp 10 juta per hari. BACA JUGA; Dihantam Fuso, Begini Penampakan Mobil Pikap Biru

Di hari biasa, paling banyak Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. ''Mudah - mudahan hingga penghujung libur lebaran 3 hari ke depan, realisasi PAD objek wisata tetap maksimal,’’ ucapnya, Kamis (5/5).

 Sementara itu, Bupati Lebong, Kopli Ansori meminta Disparpora melaporkan realisasi PAD wisata selama libur lebaran.

Ia ingin memastikan apakah objek wisata yang ada di Lebong diminati warga luar atau tidak. ''Makanya tolak ukur kami saat lebaran karena jumlah orang meningkat drastis selama lebaran,'' ungkap Kopli. (sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: