HONDA

Tol Bengkulu Lanjut

Tol Bengkulu Lanjut

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak seluruh pihak mendukung lancarnya pembangunan Tax On Location (TOL) Bengkulu sesi kedua ini. Apalagi, kemarin usulan kelanjutan pembangunan tol Bengkulu ini telah direstui oleh pemerintah pusat.

"Kita dukung, termasuk masyarakat juga. Masyarakat harus saling mendukung, dalam penetapan proses untuk tahap kedua. Juga untuk proses pembebasan lahan. Ini juga membutuhkan dukungan dari masyarakat, dan instansi instansi vertikal, BPN, Bupati Bengkulu Tengah, Bupati Kepahiang. Nah kolaborasi seperti ini, harus kita laksanakan," ajak Rohidin, Rabu (11/5)

Dengan kerja sama ini, Gubernur Bengkulu ke 10 ini menilai mempercepat kelanjutan proses kelanjutan Tol Bengkulu- Lubuk Linggau seksi II Taba Penanjung- Kepahiang sepanjang 23,7 km. Program ini sudah terangkung pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun anggaran 2023.

Mengingat membutuhkan waktu lama dan biaya yang tak sedikit untuk pembuatan jalan tol yang digadang-gadang dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Sumbagsel tersebut.

"Sehingga di tahapan awal ini bisa berjalan cepat sebagaimana sesi I dulu. Kemudian yang kedua dari para pelaku usaha lokal. Juga terkait kesiapan ketersediaan material, itu juga harus kita perhitungkan, " imbuhnya.

Hal ini dilakukan  agar nanti sumber lokal yang ada di Provinsi Bengkulu, galian C, dan pelaku usaha yang bisa berkontribusi untuk program ini. Apalagi, dengan adanya pandemi Covid-19 lalu memberikan dampak bagi sektor usaha dan perekonomian Provinsi Bengkulu.

"Maka harus dipersiapkan dari awal. Kita bersyukur, mudah-mudahan semua lancar sesuai dengan tahapannya, " paparnya.

Selain usulan kelanjutan pembangunan tol Bengkulu, juga ada 29 usulan pembangunan di Provinsi Bengkulu disetujui oleh Kementerian PPN/Bapprnas RI pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2022 yang digelar secara virtual, (10/5).

Berikut 29 uraian program pembangunan yang disetujui Bappenas yakni Pembangunan lanjutan Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau Seksi II Lokasi Taba Penanjung – Kepahiang volume target 23,7 km. Pembangunan lanjutan jalan Trans Enggano Tahap II Lokasi Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara volume target 19,5 km. Pengendalian banjir Sungai (Pembangunan Jetty dan Groin Muara Bangka Hulu) Lokasi Kota Bengkulu volume target 2,15 km.

Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Benteng Kobema Tahap II Lokasi Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah dan Seluma Volume Target Jaringan Distribusi Utama (JDU) : 15 km dan Pembangunan IPA : 50 persen. Kemudian, usulan Preservasi jalan Manna – Batas Sumsel Lokasi Kabupaten Bengkulu Selatan volume target 29,48 km. Preservasi Jalan Lais - Kerkap. Lokasi Kabupaten Bengkulu Utara volume target 20,6 km. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: