HONDA

Sauna Alami di Tanah Hitam

Sauna Alami di Tanah Hitam

 

PADANG JAYA, rakyatbengkulu.com – Jika selama ini Desa Tanah Hitam Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara hanya dikenal dengan wisata Air Terjun Curug Sembilan, kini sudah ditemukan destinasi wisata baru.

Warga menemukan aliran air panas di dalam kawasan Hutan Lindung Boven Lais. Meskipun belum berbentuk kolam yang dikelola, namun suasana alami aliran sungai dengan bebatuan pegunungan membuat kawasan tersebut menjadi tempat wisata yang nyaman. BACA JUGA: Wisata Murah Meriah di Danau Kembar

Layaknya sauna di alam terbuka yang masih cukup alami. Kades Tanah Hitam, Irwan Zuhri menuturkan jika destinasi yang belum genap setahun ditemukan tersebut saat ini mulai ramai pengunjung.

Itu tak lepas dari daya tarik tersendiri dimiliki telaga air panas ini. Lokasinya dihiasi batu-batu pegunungan di alirannya, sehingga pengunjung bisa berjalan di tengah kabut atau air panas. ‘’Jadi selain berwisata, juga bagus untuk kesehatan. Aliran sungai tersebut bukan aliran sungai yang deras sehingga aman bagi pengunjung,” katanya.

Namun memang pengunjung tetap harus meminta pendampingan dari masyarakat setempat agar tidak tersesat. Mengingat masih berupa kawasan hutan yang rimbun. “Tim yang mendampingi wisatawan siap setiap saat. Mereka memandu pengunjung sampai ke lokasi wisata, begitu pun saat ke luar dari kawasan itu,” ujarnya. BACA JUGA: Perubahan Gaya hidup yang Berikan Dampak Nyata Bagi Bumi

Adanya wisata baru ini juga bisa meningkatkan pendapatan bagi masyarakat. Diantaranya, warga yang menjadi pendamping bagi pengunjung wisata akan mendapat upah, sekaligus berjualan produk-produk lokal yang merupakan hasil usaha masyarakat.

“Kami berharap ke depannya Desa Tanah Hitam makin dikenal sebagai kawasan wisata yang bisa menyerap wisatawan dari Provinsi Bengkulu hingga luar provinsi. Tentunya dengan dukungan pemerintah,” demikian Irwan. (qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: