HONDA

Kemendagri Godok Tiga Pejabat

Kemendagri Godok Tiga Pejabat

  BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), mulai menggodok tiga nama pejabat Pemerintah Provinsi Bengkulu sebagai calon caretaker Bengkulu Tengah. Setelah Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah mengusulkan belum lama ini.

"Sudah sampai. Ada 3 pejabat. Tapi saya belum tahu nama-nama nya," terang Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benny Irwan.

Ia menjelaskan pihaknya telah menerima tiga nama calon Caretaker Benteng, dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. BACA JUGA: Kinerja Caretaker Dievaluasi Tiga Bulan Sekali

Pada 22 Mei mendatangkan masa jabatan bupati dan wakil bupati Benteng berakhir.

Sejak awal 2022 ini, banyak bermunculan nama nama pejabat eselon II yang dijagokan sebagai caretaker Benteng.

Terbaru, nama kandidat caretaker menguat yakni Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Saidirman, S.E., M.Si.

Sebelum dilantik menjadi pejabat eselon II Provinsi Bengkulu, Saidirman sudah sangat lama bertugas di Kabupaten Benteng.

Ia masih menjabat sebagai Kasubag Perencanaan, Kabid, Sekretaris hingga terakhir menjabat sebagai Kadis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Benteng.

Dengan sudah lamanya ia bertugas di Kabupaten Benteng, maka Saidirman sudah dipastikan mengetahui bagaimana situasi dan kondisi Kabupaten Benteng.

Ini menjadi modal awal sebelum seseorang menjabat sebagai pemimpin di suatu daerah.

Nama lainnya ikut mencuat, Kepala Bapedda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri, Kadinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni dan Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Ir. Ricky Gunarwan. BACA JUGA: Kasus Dugaan Korupsi Gedung Disdikbud Seluma Dihentikan

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan proses penunjukan carataker tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Walaupun gubernur mengusulkan nama-nama kandidat carataker itu, namun belum tentu akan diterima oleh Kemendagri.

“Artinya usulan gubernur itu sifatnya hanya merupakan salah satu masukan saja.

Jadi memang agak berbeda. Bahkan bisa jadi usulan gubernur itu tidak disetujui oleh Menteri Dalam Negri,” ujarnya.

Dilanjutkannya, ada kemungkinan pembahasan Kemendagri dan Presiden nantinya memunculkan nama lain yang memang tidak diusulkan atau bahkan dari luar daerah.

“Karena memang arahan dari Pak Menteri begini. Ini memang beda dengan (penunjukan,red) caretaker sebelumnya,” terangnya.

Namun walaupun begitu, ia juga tetap menyiapkan nama-nama kandidat caretaker Bengkulu Tengah ini.

Ini untuk menjaga stabilisasi daerah.

Ia juga mengatakan untuk melakukan penilaian terhadap kandidat caretaker ini juga akan akan melibatkan stakholders terkait.

“Ya memang ada beberapa nama yang kita minta, namun saya lupa karena namanya banyak. Kemarin ada 10 orang yang kita mintak datanya itu.

Nanti kita usulkan namanya, kita sampaikan semua,” kata Rohidin Mersyah.

Rohidin mengatakan, telah mengusulkan nama-nama calon caretaker ke Kemendagri.

Namun tidak tertutup kemungkinan akan menambah nama calon caretaker tersebut.

“Sudah diusulkan. Bisa saja kita tambah,” ungkap Rohidin.

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Bengkulu Utara dan Benteng, Sujono berharap siapa pun nanti yang diamanatkan menjadi caretaker Benteng dapat merangkul setiap stakeholders yang ada.

Juga termasuk di birokrasi, diharapkan caretaker ini bisa menjadi pemimpin daerah yang bisa membawa Benteng lebih baik. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: