HONDA

Ayo Kunjungi ePerpus Provinsi Bengkulu

Ayo Kunjungi ePerpus Provinsi Bengkulu

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat walaupun pun masih dalam suasana pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 lalu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disputakarsip) Provinsi Bengkulu telah menghadirkan Inovasi Perpustakaan Digital yakni ePerpus Prov Bengkulu.

Kehadiran ePerpus ini guna meningkatkan budaya Literasi, Inovasi dan Kreativitas layanan terhadap masyarakat Provinsi Bengkulu yang cukup dari sebuah aplikasi yang bisa akses melalui smartphone.

ePerpus Prov Bengkulu merupakan sebuah aplikasi perpustakaan digital milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Bengkulu yang didalamnya terdapat ribuan buku elektronik yang dapat dibaca oleh pemustaka yakni cukup download di Playstore.

Kepala Dispustakarsip Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd menjelaskan aplikasi perpustakaan berbasis digital ini telah beroperasi sejak Februari 2020. Pengoperasian dilakukan setelah pemerintah mengumumkan pembatasan kegiatan masyarakat dan pelayanan di semua fasilitas umum karena pandemi Covid -19.

“Dengan adanya layanan ini memudahkan penyajian informasi guna kepentingan peningkatan pelaksanaan proses belajar dan mengajar serta kreasi dan inovasi bagi semua warga masyarakat, perguruan tinggi dan pelajar,” jelas Meri

Menurut Meri, inovasi digitalisasi ini juga sebagai suatu lembaga jasa, keberhasilan perpustakaan sangat tergantung dari sistem dan pelaksanaan aspek layanannya kepada para pemakainya. Secara umum, perpustakaan yang berhasil adalah perpustakaan yang banyak di kunjungi oleh masyarakat pemakainya untuk memanfaatkan sumber-sumber informasi yang ada di dalamnya. Tujuan lain untuk mengurangi adanya kontak person dan kerumunan guna mencegah penularan covid-19.

“Saat ini kita telah mempunyai koleksi buku digital lebih kurang 5.400 kategori buku, dan tentunya bisa kita baca sampai 24 jam, dimana syaratnya kita mempunyai koneksi internet,” beber Meri.

Sementara itu, bagi pemustaka baik yang sudah menjadi anggota maupun yang belum menjadi anggota dapat membuka perpustakaan digital ini dengan mendownload aplikasi ePerpus Prov Bengkulu melalui google maupun aplikasi playstore.

Perpustakaan digital milik Perpustakaan Daerah sendiri telah mengkoleksi sebanyak 3 ribu buku yang dapat diakses selama 24 jam untuk seluruh masyarakat umum baik di Bengkulu maupun lainnya.

“Dengan upaya maksimal yang kami lakukan ini, Alhamdulillah koleksi buku kami dengan penambahan Bahan Perpustakaan Monograf, untuk tahun 2021 lalu, Kita melakukan penambahan buku sebanyak 18.792 eksemplar dengan 4.698 judul. Sehingga sampai awal tahun 2022 ini kami sudah mengkoleksi jumlah mendekati 60.000 ribu buku,” pungkas Kadis. (gik/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: