HONDA

Enam PNS Pilih Maju Pilkades

Enam PNS Pilih Maju Pilkades

 

ARGA MAKMUR,rakyatbengkulu.com – Sejatinya hari ini tahapan pendaftaran bakal calon pilkades Bengkulu Utara (BU) yang digelar 183 desa, ditutup. Berhubung masih ada beberapa desa hanya ada satu bakal calon mendaftar, terpaksa dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Ir. Budi Sampurno menuturkan, Pemkab BU masih menunggu data akhir dari seluruh PPKD. Namun memang ada yang mengkonfirmasi jika hanya ada satu pendaftar yang mengambil berkas pendaftaran. BACA JUGA: Ini 9 Titik Lomba MTQ Tinkat Provinsi, Senin Malam Dibuka Kaur

“Ada beberapa desa yang sudah kita data akan melakukan perpanjangan masa pendaftaran. Namun kami masih menunggu data akhir dari desa-desa,” kata Budi. Perpanjangan akan dilakukan 20 hari. Untuk pelaksanaan pemungutan suara, minimal ada dua bakal calon kades yang mendaftar dan dinyatakan memenui syarat untuk menjadi calon kades.

“Jika kurang dari dua, kita tidak bisa melaksanakan pilkades. Tidak ada istilah melawan kotak kosong dalam pilkades. Harus ada dua calon minimal,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BK-PSDM) BU, Drs. H Setyo Budi Raharjo menuturkan dalam pilkades tahun ini ada enam PNS yang akan ikut. Masing - masing di Desa Malakoni, Seberang Tunggal, Giri Kencana, Arga Mulya, Suka Makmur dan Sido Mukti. BACA JUGA: Bayi Lahir Tanpa Dinding Perut Butuh Bantuan, Dirujuk ke Palembang

“Untuk maju dalam pilkades, mereka mengajukan izin. Enam PNS ini sudah mengantongi izin,” ujar Budi.

Jika nanti terpilih, PNS tersebut harus mengajukan cuti tidak dalam tanggungan negara dan seluruh hak-haknya sebagai PNS akan dihentikan sementara. “Mereka hanya menerima penghasilan dan tunjangan sebagai kepala desa,” jelasnya. (qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: