HONDA

Muncul Nama Kandidat Pejabat Kemendagri, Bakal Isi Caretaker Benteng

Muncul Nama  Kandidat Pejabat Kemendagri, Bakal Isi Caretaker Benteng

 

BENGKULU, raktyatbengkulu.com  - Siapa bakal menjadi caretaker atau penjabat Bupati Bengkulu Tengah? Jelang berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Dr. H. Ferry Ramli - Septi Peryadi, STP, MAP pada Minggu (22/3) besok.

Hingga, kemarin Pemerintah Provinsi Bengkulu belum menerima surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Namun informasi teranyar, Kemendagri menunjuk pejabatnya menjadi caretaker Benteng. Nama kandidat kuat yang muncul yakni Dr. Heriyandi Roni, M.Si. Di Kemendagri ia menjabat sebagai Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama. Namun sebelum SK turun ke Bengkulu, masih ada kemungkinan diisi oleh pejabat Pemprov Bengkulu. BACA JUGA; Pilih Caretaker yang Benar-benar Kenal Daerah

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah  menjelaskan jika saat ini ia juga belum menerima informasi apapun terkait caretaker Benteng. Terlebih dalam masalah ini terdapat perbedaan dari sebelumnya.

Pasalnya,  berbeda dengan sebelumnya pola sekarang dalam penetapan penjabat bupati itu sangat tertutup. Sedangkan tahun sebelumnya penunjukan caretaker, gubernur mengusulkan tiga nama dan hampir pasti dari ketiga nama itu ada satu nama yang dipilih. Andaipun ketiga usulan itu ditolak, maka Gubernur bisa kembali mengusulkan ataupun dipanggil Kemendagri.

 "Kita ketahui, ada Pj kepala daerah yang ditunjuk Mendagri pada beberapa daerah sama sekali tidak disetujui Mendagri," kata Rohidin. BACA JUGA: DTPHP Provinsi Turunkan Tim Respon Keluhan Hama Wereng Sawah Lebong Selatan   

Bisa Menyesuaikan

Pada prinsipnya, ia menekankan siapapun yang ditetapkan Mendagri nanti sebagai penjabat Bupati Benteng agar nanti  bisa menyesuaikan. "Bisa jadi nantinya yang ditunjuk itu tidak sesuai dengan usulan kita. Seperti Maluku, itu penjabatnya diluar nama yang diusulkan," ujar Rohidin.

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Bengkulu Utara-Benteng, Andaru Pranata berpendapat meskipun ada peluang pejabat pusat untuk caretaker itu, pada prinsipnya ia mengingat agar caretaker diiharuskan memahami daerah Benteng, baik sosialnya, ekonomi, dan masyarakat. BACA JUGA: IRT Bisnis Sabu Puluhan Juta, Polisi Juga Amankan Honorer Setwan

"Kalau memang nanti pejabat pusat ya diharapkan paham kondisi Benteng. Jadi bisa melanjutkan pembangunan disana, " kata Andaru.

Dijelaskannya siapapun yang menjadi caretaker Benteng tentu akan didukung. Untuk percepatan pembangunan Bengkulu Tengah. Disamping itu, tetap dengan harapan pejabat yang bakal mengisi caretaker Benteng ini diharapkan benar-benar berkomitmen untuk keberlanjutan pembangunan di Benteng.

"Harapan kita, pejabat yang harus  mengerti tentang kondisi penduduk, geografis, ekonomi, dan pemerintahan Benteng, Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: