HONDA

Gelombang Pertama Berangkat 4 Juni

Gelombang Pertama Berangkat 4 Juni

 

JAKARTA, rakyatbengkulu.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan sarana dan prasarana untuk calon jemaah haji (CJH) Indonesia di Arab Saudi sudah siap. Tahun ini, hotel-hotel yang bakal ditempati CJH cukup dekat dengan lokasi ibadah.

Hotel Jiwar al Tsaqifah di wilayah Markaziyah Gharbiyyah misalnya. Jaraknya hanya 180 meter dari Masjid Nabawi. Dalam kunjungannya akhir pekan lalu,

Yaqut mengaku puas dengan hotel-hotel yang telah disewa untuk CJH. Selain dekat dengan Masjid Nabawi, fasilitas hotel memadai. Mulai dari tempat makan hingga lift hotel masih terawat. ”Kondisinya siap menerima jemaah,” ujarnya dalam keterangan tertulis kemarin (22/5).

Yaqut menjelaskan, layanan akomodasi jemaah haji Indonesia di Madinah menggunakan sistem full musim dan penyewaan blocking time. Hotel yang disewa terpusat di tiga wilayah. BACA JUGA: Embarkasi Haji Bengkulu Gagal, Kuota CJH Kurang, Tetap Transit ke Padang

Yakni, Markaziyah Syimaliah, Markaziyah Gharbiah, dan Markaziyah Janubiah. ”Total ada 29 hotel yang tersebar di tiga wilayah tersebut dengan kapasitas 24.315 jemaah haji,” katanya.

CJH Indonesia akan tinggal di Madinah paling lama sembilan hari. Mereka akan menjalani ibadah Arbain, yakni salat berjemaah di Masjid Nabawi dalam 40 waktu.

CJH gelombang pertama yang diberangkatkan mulai 4 Juni 2022 akan lebih dulu ke Madinah. Setelah itu, mereka akan diberangkatkan ke Makkah untuk menjalani prosesi haji.

Sementara itu, CJH gelombang kedua akan lebih dulu ke Makkah. Setelah prosesi haji, mereka diberangkatkan ke Madinah untuk menjalani ibadah Arbain, lalu kembali ke tanah air.

CJH sendiri akan masuk asrama haji mulai 3 Juni 2022. Setiap embarkasi sudah bersiap menerima para CJH tersebut. Termasuk embarkasi Batam.

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo mengatakan, embarkasi Batam siap melayani 5.371 CJH. Mereka berasal dari empat provinsi. Yakni, Riau (2.304), Jambi (1.328), Kalimantan Barat (1.150), dan Kepulauan Riau (589).

Khusus embarkasi Batam, CJH akan masuk asrama haji pada 14 Juni 2022. Semua kamar tidur dengan kamar mandinya siap digunakan. Termasuk ruang makan, masjid, hingga wastafel.

Menurut Wibowo, masih ada sekitar 20 hari persiapan bagi tim embarkasi bersama para petugas Kanwil Kemenag provinsi untuk melakukan finalisasi. BACA JUGA: 8 Kepsek Dilantik, Ini Daftarnya

Mulai dari penyiapan dokumen dan visa CJH. Bersama tim Kementerian Kesehatan, mereka juga terus mendorong percepatan vaksinasi booster. ”Nantinya, boarding dan X-ray juga akan disediakan di asrama haji,” ungkapnya.

CHJ yang berangkat dari embarkasi Batam akan terbang dengan Saudi Arabian Airlines. Selain Batam, ada empat embarkasi haji lainnya yang dilayani Saudia, yaitu Palembang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, dan Surabaya. Total Saudi Arabian Airlines akan memberangkatkan 45.866 jemaah.

Terpisah, Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah untuk memastikan seluruh CJH Indonesia tak terkendala masalah vaksinasi Covid-19 saat berangkat ke Tanah Suci. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: