HONDA

PPDB Dimulai, Catat Tanggalnya

PPDB Dimulai, Catat Tanggalnya

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dimulai Juni 2022 ini. Untuk PPDB SMA pada 27 Juni - 5 Juli. Sedangkan untuk PPDB SD dan SMP, dari 23 Juni hingga 4 Juli 2022.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu  Drs. Eri Yulian Hidayat, MPd, melalui Plh. Kepala Bidang Pembinaan SMA, Three Marnope, SPd, MTd, mengatakan, untuk PPDB tahun ajaran 2022-2023 ini sudah dilakukan rapat kordinasi bersama dengan Dinas Pendidikan kabupaten/Kota beserta Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se Provinsi Bengkulu.

“Hasilnya sudah dimuat dalam Petunjuk Teknis (Juknis) dan kita tetap mempedomani Pergub Nomor 16 Tahun 2021 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru SMA dan SMK,” ujarnya.

Untuk PPDB jalur prestasi, afirmasi dan jalur perpindahan orangtua akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni hingga 29 Juni. Untuk hasilnya akan diumumkan pada tanggal 30 Juni. Kemudian untuk Jalur zonasi akan laksanakan pada tanggal 1 Juli hingga 5 Juli, untuk pengumumannya sendiri pada 6 Juli. BACA JUGA: Duit Perpisahan Dikelola Orangtua, Memberatkan Tak Usah Digelar

“Itu untuk jadwal penerimaan. Kemudian setiap sekolah melaksanakan masa pendaftaran ulang,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, setelah peserta didik itu sudah diterima di sekolah yang ia tuju, maka mereka akan melakukan daftar ulang. Untuk daftar ulang sendiri akan dilakukan pada tanggal 8 Juli dan 9 Juli.

“Jika semua itu sudah selesai maka, setiap sekolah melakukan masa pengenalan sekolah atau yang biasa di sebut dengan masa oriantasi sekolah,” tambahnya.

Ia menegaskan, untuk masa orIentasi sekolah tidak ditetapkan dinas melainkan akan dijadwalkan oleh sekolah masing - masing. “Namun kami ingatkan sekolah tidak berlama - lama untuk melaksanakan masa orientasi sekolah. Cukup 2 atau 3 hari,” tegasnya. BACA JUGA: Korban Perundungan dan Pemalakan, Siswa SMP Tak Berani Lapor

Jumlah kuota disetiap sekolah itu sudah ditentukan sesuai dengan jumlah peserta didik tingkat akhir yang tamat atau lulus.  “Kuota yang diterima kita sudah berpedoman pada acuan kuota anak yang keluar di sekolah itu. Itu sebagai pedoman untuk kuata penerimaan,” bebernya.

Dilanjutkannya, Ada 108 SMA Negeri se Provinsi Bengkulu. Seluruh SMA ini PPDB melalui jalur online sebanyak 88 SMA, sedangkan PPDB offline ada 20 SMA. “Untuk PPDB sendiri ada dua jenis jalur pendaftaran, ada online dan ofline,” pungkasnya.  

PPDB SD, SMP

Sementara itu Kadis Pendidikan Kota Bengkulu  Drs. Sehmi, M. Pd, mengatakan untuk SD dan SMP di Kota Bengkulu untuk jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orangtua itu dimulai pada tanggal 23 Juni hingga 30 Juni. Sedangkan untuk jalur zonasi itu dari tanggal 1 Juli hingga 4 Juli. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: