HONDA

Dorong Produktifitas Pertanian lima Daerah Jadi Sasaran Optimasi Lahan Rawa

Dorong Produktifitas Pertanian lima Daerah Jadi Sasaran Optimasi Lahan Rawa

 

Bengkulu, rakyatbengkulu.com – Guna melihat potensi dan optimasi lahan rawa menginisiasi Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu menjalin kerjasama dengan Korem 041/Garuda Emas (Gamas) mendongkrak indeks pertanaman atau produktifitas sektor pertanian.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan menjelaskan optimasi lahan rawa merupakan salah satu upaya dalam produktifitas sektor pertanian,

Tak terkecuali di Provinsi Bengkulu

"Program optimasi ini terdapat 2 hal yang menjadi sasaran, yakni produktivitas dan kesejahteraan petani," kata Ricky, usai penandatangan nota kesepahaman pengadaan melalui swakelola dengan Komandan Korem 041/Gamas, Brigjen TNI. Dr. A. Budi Handoyo, Selasa (24/5).

Dijelaskannya, sasaran optimasi lahan rawa ini dibagi menjadi lima wilayah, diantaranya Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Mukomuko, Seluma, dan Bengkulu Selatan.

Dengan adanya kerjasama ini, diyakini bisa mendongkrak percepatan realisasi pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, optimasi lahan rawa diharapkan bisa berkontribusi terhadap upaya peningkatan produksi pertanian di Provinsi Bengkulu.

"Apalagi di daerah kita memiliki potensi lahan rawa yang cukup besar," jelas Ricky

Ia menilai, potensi peningkatan indeks pertanaman dan produktivitas pertanian melalui optimasi lahan rawa bukan hal yang tak mungkin.

"Dengan sinergitas ini, ya kita berharap ke depan melalui optimasi lahan rawa meningkatkan produksi, " harapnya.

Di sisi lain, Danrem 041/Gamas bahwa, kerjasama ini diharapkan benar-benar dapat mewujudkan optimasi lahan rawa di Provinsi Bengkulu. Apalagi melihat potensi pertanian dari Bumi Rafflesia.

"Realisasinya nanti, ada beberapa poin yang kita lakukan. Seperti perbaikan infrastruktur optimasi lahan yang dilaksanakan secara swakelola," jelasnya.

Ia menyampaikan sasaran optimasi lahan rawa ini dibagi menjadi lima wilayah, diantaranya Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Mukomuko, Seluma, dan Bengkulu Selatan.

Di mana dalam penerapannya, akan mengoptimalkan adanya irigasi untuk mengairi persawahan disekitarnya.

"Dengan pembangunan irigasi dan jaringannya nanti, kita yakin bisa meningkatkan fungsi lahan rawa itu sendiri," tutupnya. (gik/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: