HONDA

Info Haji: Dibekali Uang Saku 1.500 Riyal, Di Madinah CJH Tinggal di Jarwal

Info Haji: Dibekali Uang Saku 1.500 Riyal, Di Madinah CJH Tinggal di Jarwal

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com  - Pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Bengkulu kloter pertama tinggal beberapa pekan lagi. Kabid PHU Kanwil Kemenag Bengkulu  Dr. H. Intihan, S. Ag. MH, didampingi Subordinator Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji, H. Allazi, SE menjelaskan seluruh CJH nanti akan mendapatkan uang saku. Yang besarannya mencapai 1.500 Riyal Saudi, atau sekitar Rp 5,9 juta.

"Uang saku jemaah akan dibayar kementerian, ketika sudah masuk asrama haji. Sebesar 1.500 Riyal Saudi per jemaah. Diasumsikan dengan Satu Riyal itu Rp 4 ribu. Jadi sekitar Rp 6 juta untuk satu orang CJH, " ungkapnya, Sabtu (28/5).

Dimana tanggal 8 Juni seluruh CJH di kloter pertama sudah memasuki asrama haji. Dan diagendakan pada 10 Juni nanti, kloter pertama ini sudah mendarat di Madinah. BACA JUGA: 393 CJH Bengkulu di Kloter Pertama

Untuk kloter pertama ini meliputi CJH dari Kota Bengkulu 116 orang, Bengkulu Selatan 59 orang, Seluma 77 orang, Kaur 49 orang, Lebong 43 orang, serta Bengkulu Tengah 43 orang.

Untuk kloter kedua itu berangkat tanggal 10 Juni. Itu ada dari Kota 24 orang, Bengkulu Utara 94 orang, Kepahiang 50 orang, Mukomuko 79 orang, Rejang Lebong 106 orang.

"Untuk uang saku nanti, pecahannya lengkap. Panitia akan menjelaskan kegunaannya, dan mekanisme bertransaksi. Karena di Arab hanya berlaku Riyal, kita rugi jika belanja dengan Rupiah. Insya Allah, jemaah tidak rugi," paparnya. BACA JUGA: Vaksin Covid Semakin Tak Diminati

Ia pun mengimbau kepada para jemaah yang akan berangkat nanti. Agar fokus dengan persiapan kesehatannya. Dan agar tidak merisaukan uang yang hendak dibawanya nanti. Pasalnya, untuk pelunasan biasa haji ini sudah dinilai cukup untuk selama berada di Arab Saudi nanti.

"Living cost ini, di luar konsumtif. Hanya untuk keperluan pokok jemaah. Makan minum 3 kali sehari itu, semuanya sudah ditanggung oleh panitia. Uang ini tadi mungkin digunakan untuk belanja di luar, jajan. Dianggap siapa tahu, jemaah tidak membawa uang dari Bengkulu. Janganlah menunda berangkat kalau tidak memiliki uang lagi. Karena ada livung cost ini, " pesan Allazi.

Di Jarwal

Sementara itu, untuk lokasi tempat tinggal untuk CJH. Ia menginfokan tahun ini masih akan bertempat di daerah Jarwal, untuk 8 hari pertama di Madinah.

"Kita minta nanti para jemaah, harus mengikuti aturan panitia. Karena waktu dan agendanya padat. CJH di Madinah kurang lebih 8,5 hari. Selanjutnya jemaah ke Mekah. Sebelum ke Mekah CJH harus miqot dan memakai ihrom. Dan sudah melakukan umroh wajib, " paparnya. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"