HONDA

Siapkan 10.000 Tusuk Sate Gurita

Siapkan 10.000 Tusuk Sate Gurita

 

KAUR, rakyatbengkulu.com – Event tahunan Kabupaten Kaur yang sempat terhenti selama Covid 19 mewabah, tahun ini akan kembali digelar oleh Pemkab Kaur melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga (Paripora) sebagai pelaksaana festival tersebut.

Dalam festival gurita yang akan dilaksanakan pada 21 Juni nanti akan menyajikan 10.000 tusuk sate gurita dan diprediksi akan menghabiskan 600 kilogram gurita basah. Kegiatan ini juga akan direncanakan dilakukan upaya pemecahan rekor MURI, sate gurita terpanjang. BACA JUGA: 60 Offroader Mini Scale Menantang Jalur Curam Bukit Lantana

Kades Linau Kecamatan Maje, Ispi Yulidarmen mengatakan, Desa Linau merupakan penghasil gurita yang berada di Kabupaten Kaur. Sebagai desa penghasil gurita terbesar di Kecamatan Maje.

Pemkab Kaur tidak usah khawatir dengan ketersediaan gurita, dalam festival gurita mendatang, karena sebagian besar warga Linau bekerja sebagai nelayan ikan dan gurita sekaligus penjual gurita olahan. Dalam satu hari nelayan mampu membawa pulang gurita basah sebanyak 30 - 40 kilogram.

“Kalau saat ini, tangkapan gurita agak berkurang, karena gelombang laut masih belum stabil, karen bulan masih terang kalau satu minggu lagi laut kemungkinan akan kembali normal,” katanya.  

Festival Gurita

Ispi menambahkan, pastinya dalam rangka menyambut festival gurita, 21 Juni mendatang, ketersediaan gurita basah di Desa Linau dipastikan cukup. Untuk harga satu ekor gurita kering ukuran besar Rp 200 ribu - Rp 250 ribu. BACA JUGA: Dua Jambret Warga Kandang Mas Dibekuk, Beraksi di Banyak Tempat

Sedangkan ukuran sedang Rp 65 ribu – Rp 75 ribu per ekor. Kemudian untuk harga gurita basah ukuran besar Rp 100 ribu - 150 ribu per ekor, dan ukuran sedang Rp 45 ribu – Rp 50 ribu per ekor.

Jika gurita dibeli dalam jumlah banyak Pemkab Kaur tentunya akan mendapatkan diskon minimal 5 persen dari warga. Sebagai bentuk dukungan dalam memeriahkan acara festival gurita.

“Nanti kami juga akan memperkenalkan produk unggulan kerupuk berbahan gurita di ajang festival gurita,” ujarnya. (pir)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: