HONDA

Pengantin Baru Terima Pelangai Paru dan Lado Pusaka

Pengantin Baru Terima Pelangai Paru dan Lado Pusaka

 

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com – Pasangan pengantin baru, sekarang berkesempatan menikmati Program Pelangai Baru dari Pemkab Mukomuko dan Lado Pusako dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko.

Pelangai Paru diluncurkan Pemkab yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Mukomuko. Yakni Pelayanan Ganti Identitas Pengantin Baru.

Ini dikatakan Sekretaris Dinas Dukcapil Mukomuko, Evi Busmanja, M.Si. “Program ini bekerjasama dengan Kantor Kemenag Mukomuko,” kata Evi. BACA JUGA: Tak Ada Rapel Gaji CPNS, Bank Buka Tawaran Pinjaman

Layanan tersebut, dalam hal memberikan pelayanan perubahan status perkawinan pada dokumen kependudukan bagi pasangan baru menikah.

“Peresmian perdana program Pelangai Baru ini dihadiri langsung Wakil Bupati d Penjabat Sekda serta Kepala Kantor Kemenag Mukomuko, saat ijab kabul pasangan pengantin baru, kemarin,” kata Evi.

Menurutnya, dengan adanya program Pelangai Paru, nantinya status perkawinan pada dokumen kependudukan bagi pasangan baru menikah langsung berubah.

Seperti status di Kartu Tanda Penduduk (KTP), dari belum kawin menjadi kawin, dan mendapatkan Kartu Keluarga (KK) baru, yang pengantin pria menjadi kepala keluarga dan istrinya menjadi anggota keluarga.

“Pengantin baru ini status di KTP dan KK langsung berubah.

Jadi tidak menunggu lama lagi, sampai bertahun - tahun baru di urus perubahan KTP dan KK-nya di Dinas.

Ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan bagi pasangan yang baru menikah,” pungkasnya.

Kepala Kantor Kemenag Mukomuko, H. Widodo, S.HI mengatakan, pihaknya meluncurkan Lado Pusako, merupakan Program Layanan Dokumen Perubahan Status Perkawinan.

Dan peluncuran perdana, digelar pada pernikahan pasangan pengantin di Kecamatan Lubuk Pinang. BACA JUGA: Imam Masjid Rp 500 Ribu, Kepala Kaum Rp 350 Ribu

“Jadi ini kita bersama-sama Pemkab Mukomuko, dalam hal ini Dinas Dukcapil Mukomuko.

Alhamdulillah untuk perdana, sudah mulai berjalan. Dan ini akan berlanjut seterusnya,” kata Widodo. (hue)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: