HONDA

Arus Lalu Lintas Terganggu, Penebangan Pohon di Liku Sembilan Hingga 20 Juni 

Arus Lalu Lintas Terganggu, Penebangan Pohon di Liku Sembilan  Hingga 20 Juni 

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Sebanyak 38 pohon di kawasan Liku Sembilan Bengkulu Tengah (Benteng), dipangkas bertahap hingga 20 Juni 2022 mendatang.

Bahkan, sejak Senin (6/6), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) telah mulai melakukan pemangkasan atau pemotongan terhadap pohon-pohon tersebut.

Pohon yang dipangkas merupakan pohon-pohon tua dan besar serta rawan tumbang yang ada di sepanjang kawasan Liku Sembilan Benteng - Kepahiang.

Pemotongan terhadap sekitar 38 pohon rawan tumbang tersebut, sempat dilakukan penundaan yang awalnya diagendakan pada 1 Juni 2022 lalu. BACA JUGA: Pohon Tua di Liku Sembilan Mulai Ditebang

Terkini, penebangan telah dilakukan pihak BPJN guna meminimalisir dan mencegah terjadinya pohon tumbang hingga mengakibatkan korban jiwa seperti yang sudah terjadi sebelumnya.

Sementara itu, terkait kegiatan pemangkasan pohon tersebut Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bengkulu melakukan penutupan total terhadap jalan lintas tengah Liku Sembilan.

Disampaikan Dirlantas Polda Bengkulu, Kombes Pol. Sumardji melalui Kabagbin Ops Ditlantas Polda Bengkulu, Kompol Aprizal pihaknya melakukan penutupan jalan secara total ketika petugas melakukan penebangan pohon.

Penutupan ini, dilakukan hanya selama pemangkasan waktu siang hari.

"Kita lakukan penutupan total jalan pada waktu siang hari, ketika petugas melakukan pemotongan atau pembersihan material pohon yang ada di kawasan Liku Sembilan," katanya pada rakyatbengkulu.com, Selasa (7/6).

"Penutupan ini hanya berlangsung sementara sekira 30 menit hingga satu jam berlangsung," ungkapnya.

Setelah pemangkasan, penutupan total dihentikan dan hanya diberlakukan satu jalur secara bergantian baik dari Bengkulu Tengah maupun dari Kepahiang.

"Penutupan total ini hanya sementara, kemudian setelah pemangkasan dan waktu pembersihan diberlakukan satu jalur," jelasnya.

"Ini akan terus kita lakukan selama pemotongan yang dijadwalkan sampai tanggal 20 Juni mendatang," sambungnya.  

Sabar

Bagi para pengendara yang akan melintas di kawasan Liku Sembilan, pihaknya mengimbau untuk tetap bersabar sementara adanya kegiatan pemangkasan tersebut.

Ini dilakukan guna meminimalisir adanya korban jiwa akibat pohon tumbang yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. BACA JUGA: Harga Sapi Melambung

"Kita imbau kepada pengendara untuk sementara harap bersabar.

Ini dilakukan untuk membuat rasa nyaman bagi pengendara, saat melintas di kawasan yang rentan dan berpotensi tumbang saat cuaca ekstrem terjadi," pungkasnya. (tok)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: