HONDA

Harga Jual Kambing Kurban sudah Segini

Harga Jual Kambing Kurban sudah Segini

Hewan kambing untuk kurban harganya terus naik. foto: dok rb --

 

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID –  Pekan terakhir jelang hari raya Idul Adha, biasanya menjadi puncak penjualan bagi pedagang hewan ternak untuk kurban. Harga hewan kurban kambing dan sapi pun, ikut - ikutan naik.

Seperti kambing,  biasanya di hari normal per ekor kambing dijual dikisaran Rp 3 juta an. Saat ini, kambing dengan ukuran sudah layak kurban dijual hingga Rp 5 juta per ekor. 

Namun, meski harga jual meningkat 15 persen - 20 persen, para pedagang hewan ternak justru mengaku penjualan mereka tak naik - naik.

BACA JUGA: 'Bimo', Sapi Kurban Presiden untuk Warga Kaur, Harganya Rp 64 Juta

Seperti disampaikan salah seorang penjual kambing kurban di Jalan Sutoyo Kelurahan Tanah Patah Kota Bengkulu, Gunawan (36), (7/7).  Dikatakan, kenaikan harga kambing menjelang Idul Adha dari 15 persen sampai 20 persen per ekornya.

"Kenaikan harga kambing ini ternyata berdampak pada turunnya pembeli. Dalam kondisi normal, saya masih bisa menjual 100 ekor per bulan. Sekarang, hanya dapat menjual kambing sebanyak 60 ekor," terangnya.

 Menurutnya, kenaikan harga bahan pohok belakangan ini ikut mempengaruhi penjualan hewan ternak.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Jenazah TKI Asal Seluma di Jepang Segera Tiba, ASN Galang Dana

 “Kambing yang saya jual paling murah mulai harga Rp 2 juta dan tertinggi Rp 5,5 juta. Adapun kambing yang siap untuk dikurbankan, dari keturunan etewa,” ujar Gunawan. 

Diakui, stok kambing diperolehnya dari Kota Palembang (Sumsel) dan Lampung. Dengan sisa waktu sebelum hari raya Idul Adha tiba, dia tetap berharap penjualan meningkat.  "Biasanya,  banyak juga yang membeli untuk jualan sate, aqiqah dan konsumsi sendiri," tutur Gunawan. (cw3)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"