HONDA

Demi Solar Subsidi Ngantre dari Pagi

Demi Solar Subsidi Ngantre dari Pagi

Antrean truk di SPBU KM 8 untuk mendapatkan BBM solar subsidi. Saat ini pembelian solar subsidi hanya dilayani mulai pukul 22.00 WIB – 04.00 WIB. --

BENGKULU, rakyatbengkulu.disway.id – Antrean truk di sejumlah SPBU dalam Kota Bengkulu sering terlihat dalam tiga minggu ini. Diantaranya di SPBU Km 6,5, SPBU KM 8. Para sopir bahkan rela ngantre dari pagi demi mendapatkan solar subsidi.

Hal itu dikarenakan, saat ini pelayanan penjualan solar subsidi dibatasi. Dimulai dari pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Salah seorang sopir truk yang mengantre di SPBU wilayah KM 8 Andi (42), mengaku pernah dari pagi bahkan sehari lebih mengantre, bila solar mengalami kelangkaan.

“Kami terpaksa mengantre, dan terus mengantre. Menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk mendapatkan solar. Karena tanpa solar kami tidak bisa bekerja,” jelasnya.

BACA JUGA:Beli Solar dan Pertalite Gunakan My Pertamina

Senada disampaikan sopir truk lainnya, yang mengantre di SPBU wilayah KM 6,5, Topan (37). Ia pernah protes kepada pegawai SPBU lantaran tidak mendapatkan solar. Padahal ia sudah mengantre sejak pagi.

“Kesal sekali saya waktu itu, saya marah karena tidak kebagian solar, padahal sudah mengantre lama. Saya tidak bisa bekerja besoknya untuk mengangkut sawit,” katanya.

Sementara itu Pengawas SPBU wilayah KM 6,5 Rahmat Suito (37) menjelaskan bahwa antrean kendaraan jenis truk terus terjadi dan sudah berlangsung lama.

BACA JUGA:Pastikan Distribusi Solar Tepat Sasaran

Hal ini karena jumlah ketersediaan bahan bakar jenis Bio Solar terbatas. Bio solar itu sendiri adalah bahan bakar bersubsidi jadi hanya diperuntukan bagi konsumen tertentu.

“Kalau di sini sudah sekitar tiga minggu antrean terus menerus. Biasanya mereka itu pelarian dari SPBU lain, lantaran di sana sudah penuh, jadi mereka kesini,” tambahnya.

Kemudian ia menambahkan bahwa penjualan khusus Bio Solar Subsidi ini dimulai dari pukul 22.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Namun, antrean sudah berlangsung sejak sore bahkan ada yang dari pagi, karena khawatir tidak kebagian.

BACA JUGA:Antrean BBM Bio Solar Sejumlah SPBU Diawasi Polisi

“Padahal penjualan yang dilakukan malam itu sebenarnya untuk menghindari kemacetan. Agar kendaaran lain tidak terganggu karena terjadi penyempitan jalan. Dan prihal stok, sebenarnya cukup bila yang membeli memang layak penerima subsidi,” tambahnya.

Terakhir ia berharap bagi para konsumen non subsidi untuk tidak ikut serta membeli solar subsidi. Mereka yang masuk dalam kategori non subsidi seperti truk perusahaan bisa membeli BBM berjenis Dexlite dan Pertamax Dex. (cw5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: