HONDA

Jamur Tiram di Taba Lagan

Jamur Tiram di Taba Lagan

Salah satu usaha BUMDes di Desa Taba Lagan yang menghasilkan pendapatan bagi desa.--

TABA LAGAN, rakyatbengkulu.disway.id – Pemerintah Desa Taba Lagan, Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sangat memanfaatkan semua potensi yang ada di desa. Bertujuan mendapatkan pemasukan untuk Pendapatan Asli Desa (PADes).

Tak tanggungtanggung, Desa Taba Lagan saat ini telah memiliki tiga sumber PADes. Kades Taba Lagan, Oto Komri mengatakan, tiga sumber PADes Taba Lagan terdiri dari usaha budidaya jamur tiram, penyewaan tenda dan pasar desa. Ketiga sumber PADes ini semuanya dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tunas Mandiri.

“Untuk budidaya jamur tiram, setiap jamur yang dihasilkan dijual. Uang hasil penjualan, 30 persen diantaranya menjadi PADes, 70 persen menjadi modal BUMDes. Keberadaan BUMDes sangat penting agar semua usaha tetap bisa berjalan dan berkembang,’’ ujar Oto.

BACA JUGA:Pohon Tumbang di Liku Sembilan sudah Disingkirkan, Tetap Ekstra Waspada

Usaha pasar desa, dikatakan Oto dengan sistem sewa tempat. Jadi bagi pedagang yang ingin menempati lapak harus membayar sewa. Pasar desa ini sejak tahun 2019 telah dipindahkan ke lokasi baru yang dibangun oleh Disdagperinkop dan UKM Benteng.

Oto sangat bersyukur sekali sebab lahan itu dikelola BUMDes dan telah menghasilkan PADes.

“Mengenai badan hukum, kami sedang melakukan pengajuan. Apalagi OPD terkait sangat mendorong dan membantu agar BUMDes yang ada di Benteng ini bisa berbadan hukum. Semoga tahun ini BUMDes kami sudah berbadan hukum dan mendapatkan sertifikat resmi,’’ sampainya. (jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: