HONDA

Herwin Suberhani: Hewan Kurban aman dari PMK

Herwin Suberhani: Hewan Kurban aman dari PMK

--

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.disway.id - Menjelang idul adha 1443 Hijriyah yang menyisakan beberapa hari kedepannya bagi umat islam banyak menunaikan ibadah kurban hewan ternak sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. 

Untuk itu ketua fraksi Partai Gerinda DPRD Provinsi Bengkulu mengimbaukan untuk bisa memastikan aman dalam arti  hewan sehat terutama dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Hewan yang akan menjadi kurban dipastikan benar-benar sehat kerana syarat utama kurban, berkenaan dengan adanya wabah saat ini kita menghimbaukan lebih aman dari PMK” Kata Herwin,  Selasa (5/7)

Sekretaris Komisi III  DPRD Provinsi Bengkulu juga meminta kepada pemerintah untuk memantau hewan kurban yang disembelih sehat, bahka jika perlu ada surat keterangan sehatnya dari instansi terkait atau dokter hewan.

“Pemerintah kota/kabupaten juga harus lebih aktif, memastikan hewan kurban itu benar -benar sehat” Tambahnya

Tidak hanya itu, Herwin juga meminta upaya vaksinasi terhadap hewan ternak juag dipercepat. Sebab, Bengkulu juga sudah mendapatkan bantuan vaksin tersebut.  Jangan sampai lambatnya vaksinasi membuat hewan masyarakat lebih banyak terserang PMK. 

“Vaksin sudah didapatkan, jangan tunggu lama-lama lafgi untuk disuntikan agar kekebalan hewan masyarakat terjaga” Terag Herwin

Sementara itu, Kepala Dinas Perternakan dan kesehatan hewan drh, Syarkawi MT, Mengatakan, pihaknya terus berupaya mengendalikan PMK di Provinsi Bengkulu, karena cukup tinggi kasus yang ditemukan yang tersebar di beberapa daerah kabupaten.

“Kita berupaya mengendalikan PMK ini, termasuk dengan memberikan vaksinasi kepada hewan ternak masyarakat” ujar Syarkawi

Untuk vaksin PMK, Dinas Perternakan dan kesehatan hewan Provinsi bengkulu juga telah menerima 4.900 dosis dan di distribusikan ke daerah yang terjangkit PMK. Namun hewan kurban tidak mendapatakan vaksin kerena syarat hewan kurban sehat.

“Vaksin ini untuk kekebalan hewan ternak masyarakat, jadi untuk hewan kurban tidak disuntik kerena akan disembelih dan hewan kuran juga dipastikan sehat” tuturnya.(gik/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"