baner honda 2022
yamaha 2022
PRAMUKA 2022

Kunjungi Bengkulu, Ini yang Dilakukan Wamentan Harvick Dorong Petani Tingkatkan Produksi

Kunjungi Bengkulu, Ini yang Dilakukan Wamentan Harvick Dorong Petani Tingkatkan Produksi

Wamentan saat menghadiri penanaman padi serentak di Kabupaten Bengkulu Tengah.--Dokumen/rakyatbengkulu.disway.id

 

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM -  Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia, Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan ke Provinsi Bengkulu, Rabu, 23 November 2022.

Dalam kunjungan ini Qolbi melakukan rangkaian kerja Kementan dalam meningkatkan produksi pangan nasional. Salah satunya dengan menggelar tanam padi serentak di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Pada kunjungannya ke Bengkulu dan menghadirkan kegiatan tanam padi serentak ini, Wamentan mengajak para petani dan jajaran pemerintah di Provinsi Bengkulu untuk menjaga sektor pertanian sebagai salah satu penopang ekonomi nasional.

"Salah satu kebijakan Kementan saat ini adalah terjun langsung ke lapangan dan memastikan pangan Indonesia selalu aman tersedia. Apalagi sektor pertanian adalah sektor kunci yang menopang ekonomi," sampainya.

BACA JUGA:12 Pelamar Gagal Seleksi Administrasi PPPK Rejang Lebong

BACA JUGA:Sudah 300 PPPK Nakes Terdaftar

Harvick menyebutkan bahwa sektor pertanian merupakan sektor kunci dalam menghadapi berbagai krisis dan ancaman resesi dunia.

Guna mendorong peningkatan produksi pertanian, saat ini Kementan memiliki program dan layanan pendukung bagi petani dalam meningkatkan produksi.

Diantaranya yakni program pelatihan dan bimbingan teknis bagi petani milenial, serta akses layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang tersedia di semua daerah.

"Memang kita ini mengahadapi situasi sulit, tapi pertanian selalu tumbuh. Alhamdulillah kita juga punya akses dan layanan KUR yang saat ini mencapai Rp90 triliun lebih," katanya.

BACA JUGA:Silahkan Cek di Kantor Pos, Bansos Cair

BACA JUGA:Dana Insentif Vaksinasi Buat Nakes Masih Tersisa

"Jadi kita memang harus membangun pertanian Indonesia yang jauh lebih maju mandiri dan modern," sambungnya.

Lanjutnya, saat ini Kementerian Pertanian terus melakukan pelatihan usaha tani kepada jutaan petani milenial yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan membekali materi pengelolaan dan manajemen usaha tani dari para mentor yang terdiri dari akademisi, pengusaha serta perbankan.

"Kita mencatat 68 persen petani yang ada adalah senior. Hanya 32 persen saja petani muda. Jadi kita harus melatih mereka dan bergandengan tangan dalam mengawalnya. Insya Allah semua memberi manfaatnya," ujarnya.

BACA JUGA:Gempa Susulan Terus Mendera Cianjur

BACA JUGA:Beredar Video Suami Bawa Sajam Pergoki Istri Selingkuh, Diduga Terjadi di Kota Bengkulu

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Wamentan Harvick di Provinsi Bengkulu.

Kehadiran Wamentan di Bengkulu dinilai telah memberi dampak positif terhadap kinerja petani dalam meningkatkan produksi.

"Tentu kita ucapkan terima kasih, apalagi produktivitas di Bengkulu sangat mendukung produksi nasional," katanya.

"Bengkulu selalu surplus karena pengelolaan gabah dilakukan secara baik, tentu semua ini tak lepas dari dukungan pak Wamen dan jajaran Kementan," pungkasnya.

Sumber: