baner atas dalam artikel  2023

Rp379 M DBH sudah Disiapkan

Rp379 M DBH sudah Disiapkan

ilustrasi duit--

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah menganggarkan Dana Bagi Hasil (DBH) ke 10 kabupaten kota se Provinsi Bengkulu di APBD tahun 2023 ini, sebesar Rp379 miliar.

Anggaran tersebut direncana untuk triwulan I sampai teriwulan III dan termasuk DBH triwulan IV ,tahun 2022 yang tertunda.

Salah satu anggota badan anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Bengkulu Edwar Samsi, S.IP, MM mengatakan, untuk anggaran DBH telah dianggarkan dari triwulan I sampai III sehingga 10 kabupaten dan kota dipersilakan untuk membuat usulan pembayaran ke Pemprov Bengkulu.

“Telah kita anggarkan DBH tahun 2023 dari triwulan I sampai triwulan II dan termasuk trwulan IV tahun 2022 yang tertunda,” ujarnya.

BACA JUGA:7 Kepsek Belum Defenitif

BACA JUGA:Utang DBH Provinsi Buat Lebong Rp15 M

Ia menjelaskan, tahun 2023 ini tidak ada persoalan lagi terhadap anggaran DBH.

Ini karena hasil evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) telah turun dan sudah dilakukan pembahasan kemudian disampaikan ke Kemendagri untuk mendapatkan nomor register Perda APBD tahun 2023.

“APBD sudah dievaluasi Menteri Dalam Negeri, jadi DBH tahun 2023 ini tidak ada persoalan lagi,” terangnya.

Ia menjelaskan, DBH triwulan ke IV tahun 2022 memang sering terlambat karena Pemprov butuh waktu untuk melakukan perhitungan besaran DBH 10 Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:Ingat; Sebelum Ngantor ASN Wajib Absen Wajah 2 Kali

BACA JUGA:Usut Randis Nunggak Pajak

Sedangkan tahun anggaran akan segera berakhir sehingga terjadi kerterlambatan.

“Jadi DBH triwulan ke IV tidak ada masalah dipastikan akan dibayar karena telah masuk dianggaran, hanya soal teknis,” ungkanya.

Sumber: