baner atas dalam artikel  2023

DPR Desak Kemendikbud Tuntaskan Program Wajib Belajar 12 Tahun, Dede: Kawal Pelaksanaan DAK

DPR Desak Kemendikbud Tuntaskan Program Wajib Belajar 12 Tahun, Dede: Kawal Pelaksanaan DAK

Komisi X DPR RI mendesak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menuntaskan Program Wajib Belajar 12 Tahun sesuai dengan perundang-undangan yang telah ditetapkan. - -Instagram Kemensos

 

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pernahkah kamu mendengar kata ataupun istilah tidak ada kata terlambat untuk belajar?

Sebab, belajar tidak ada batasan usia baik itu anak-anak, remaja bahkan orang tua. Serta bisa dilakukan kapan saja dengan kemampuan dan tekad yang tinggi. 

Terlepas dari itu, pendidikan merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi kebodohan serta kemiskinan di negeri ini. Diantaranya yakni program wajib belajar 12 tahun. 

Artinya, masyarakat di negeri ini harus mengenyam pendidikan minimal di jenjang SMA sederajat. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah Bengkulu Hari Ini 25 Januari 2023, Potensi Hujan dan Angin Masih Ada

BACA JUGA:DPRD Bengkulu Selatan Paripurna PAW Imron Amin Yunus

Sehingga, Komisi X DPR RI mendesak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menuntaskan Program Wajib Belajar 12 Tahun sesuai dengan perundang-undangan yang telah ditetapkan. 

Maka dari itu, perlunya dukungan berupa program prioritas nasional tersebut sekaligus pembiayaan, dinilai harus sejalan dengan penuntasan Program Wajib Belajar 12 Tahun di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf dalam Rapat Kerja bersama Menteri Kemendikbudristek Nadiem Makarim. 

Dimana, Komisi X meminta agar kualitas pendidikan turut dinilai dengan berdasarkan pada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan.

BACA JUGA:Awas Gelombang Tinggi

BACA JUGA:Layanan Operasi di RSUD Mukomuko Dihentikan, Ini Penyebabnya

“Komisi X DPR RI mendorong Kemendikbudristek berkomitmen (untuk) implementasi program prioritas nasional dan pembiayaannya untuk menuntaskan wajib belajar 12 tahun sebagaimana Pasal 31 UUD Negara RI Tahun 1945 dan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas,” ucap Dede, dikutip rakyatbengkulu.com dari situs resmi DPR RI, Rabu, 25 Januari 2023. 

Sumber: