baner atas dalam artikel  2023

Tekan Angka Kemiskinan, Pemprov Bengkulu Optimalkan Penyaluran Beberapa Program Bantuan, Ampuh?

Tekan Angka Kemiskinan, Pemprov Bengkulu Optimalkan Penyaluran Beberapa Program Bantuan, Ampuh?

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Fachriza Razie--Dokumen/rakyatbengkulu.disway.id

 

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tekan angka kemiskinan, Pemprov Bengkulu akan mengoptimalkan penyaluran beberapa program bantuan. Apakah cara ini akan terbukti ampuh?

Bengkulu berada di nomor dua sebagai provinsi dengan tingkat termiskin di Pulau Sumatera, di bulan September 2022.

Persentase kemiskinan Provinsi Bengkulu mencapai 14,34 persen dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 292,93 ribu jiwa. 

Untuk mengatasi masalah yang muncul dan menekan pertumbuhan kemiskinan di Bengkulu, Pemprov Bengkulu di tahun 2023 akan lebih terfokus dalam menangani dan menekan angka kemiskinan ekstrem dan ketahanan pangan di daerah.

BACA JUGA:Persentase Kemiskinan Turun 0,28 Persen, Bengkulu Tetap Termiskin Nomor 2 di Sumatera

BACA JUGA:Salurkan Program PENA, Kemenkeu Dukung Kemensos Jalankan Program Pengentasan Kemiskinan Terpadu

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Fachriza Razie mengatakan, hal tersebut akan dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan fokus pada ketahanan pangan dalam menghadapi krisis di tengah ancaman resesi global.

"Kita akan menjalankan sesuai dengan arah dari kebijakan pusat, tentang isu penekanan kemiskinan ekstrem, pengendalian ketahanan pangan termasuk stunting masih menjadi fokus kerja kita bersama," kata Fachriza dikutip rakyatbengkulu.com dari antaranews.com, Rabu, 23 Januari 2023.

Agar bisa mencapai tujuan tersebut, Pemprov Bengkulu berupaya untuk mengoptimalisasikan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Selain itu, Pemprov Bengkulu juga akan melakukan pemanfaatan dana desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bantuan lainnya agar tepat sasaran sehingga angka kemiskinan di Bengkulu menurun.

BACA JUGA:Angka Kemiskinan Nasional Meningkat, 2 Faktor Utama jadi Pemicu

BACA JUGA:Tips Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp500 Ribu untuk Kamu yang Hobi Membaca, Ternyata Segampang Itu!

Pemerintah Provinsi Bengkulu akan terus menyalurkan bantuan kepada masyarakat guna mengatasi angka kemiskinan di wilayah tersebut.

Sumber: antaranews.com