Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Taman Alam Lumbini Dapat Rekor MURI, Ada Replika Pagoda Shwedagon, Tinggi Pagoda Emas 42 Meter

Taman Alam Lumbini Dapat Rekor MURI, Ada Replika Pagoda Shwedagon, Tinggi Pagoda Emas 42 Meter

Taman Alam Lumbini Dapat Rekor MURI, Ada Replika Pagoda Shwedagon, Tinggi Pagoda Emas 42 Meter--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Taman Alam Lumbini adalah kawasan wisata di dataran tinggi Karo, tepatnya di kaki Gunung Sibayak. Taman ini memiliki replika ‘Pagoda Shwedagon’ seperti yang ada du Nyanmar.

Bedanya pagoda yang dimiliki Taman Alam Lumbini ini merupakan pagoda tertinggi kedua dunia. Pagoda Emas Taman Lumbini tingginya mencapai 42 meter, dinobatkan jadi pagoda megah tertinggi di Indonesia.

Sekadar diketahui, nama Lumbini berasal dari tempat lahir pendiri agama Buddha, Sidharta Gautama. Taman dengan luas 3 hektare ini resmi didirikan tahun 2010. Letaknya sekitar 50 kilometer atau 1,5 jam dari Kota Medan.

BACA JUGA:Miliki Dua Gradasi Warna, Air Biru Dingin dan Air Putih Keabu-abuan Hangat, Air Terjun Dwi Warna

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak perlu bayar karcis, juga tidak dipungut biaya parkir kendaraan. Namun, kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk berdonasi tergantung kerelaan hati masing-masing.

Kamu bisa datang untuk melihat keindahan kuil Buddha ini setiap hari. Kuil ini buka mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB sore. Yang kamu perlu perhatikan kuil ini masih aktif sebagai tempat beribadah. Kemungkinan akan ada beberapa pembatasan jika ada ritual keagamaan.

Taman Lumbini memiliki daya tarik tersendiri, yakni kemegahan bangunan pagoda emas yang merupakan replika dari Pagoda Shwedagon Myanmar. Lokasi wisata ini berada di dataran tinggi, membuat taman ini memiliki udara yang sejuk. Kesejukan udaranya juga didukung dengan area taman yang asri dan alami. 

BACA JUGA:Bukit Kapur Tertutup Batuan Putih Mirip Salju, Lantaran Air Panas yang Mengalir

Keindahan pagoda di Taman Alam Lumbini dapat dilihat dari kejauhan. Kemegahan pagoda terlihat dari seluruh bangunannya yang berwarna emas. Bangunan pagoda dengan dua lantai ini, memiliki panjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter.

Ikon utamanya berupa stupa berwarna emas, juga beberapa relief dan patung di taman maupun tembok. Yakni berupa 108 relik suci, 2.598 rupang Buddha, 30 rupang Arhat dan objek lainnya.

Taman Alam Lumbini populer dengan nama pagoda emas. Rekok MURI mencatat pagoda ini sebagai stupa tertinggi di Indonesia. Lalu bangunannya merupakan replika tertinggi kedua di Asia Tenggara. Komplek TAL ini dapat berdiri karena ada peran serta Kelompok Buddis dari berbagai negara yang memberikan sumbangan, sehingga pagoda yang dimilikinya berdiri dengan gagah.

BACA JUGA:Tips Menyimpan Uang: 5 Warna Dompet yang Datangkan Rezeki Menurut Feng Shui

Semua wisatawan dapat berkunjung ke Taman Alam Lumbini, sekalipun yang tidak beragama Buddha. Kamu yang ingin memasuki bangunan yang kental dengan suasana religius ini harus melepas alas kaki. Ketika kamu memasuki kuil ini, akan tampak patung-patung gajah yang terbuat dari marmer.

Kamu juga akan melihat juntain lampion merah, disana terdapat 30 Rupang Arahat, 2.958 Rupang Buddha dan 108 relik suci. Saat kamu di dalam dilarang mengambil foto dengan blitz, karena dapat membuat kegaduhan di area tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: