Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

BRI Dukung Penyelenggaraan Istana Berbatik Gaungkan Pemberdayaan UMKM Batik sebagai Warisan Dunia

BRI Dukung Penyelenggaraan Istana Berbatik Gaungkan Pemberdayaan UMKM Batik sebagai Warisan Dunia

Gaungkan pemberdayaan UMKM batik sebagai warisan dunia, BRI dukung penyelenggaraan Istana Berbatik. --dokumen/rakyatbengkulu.com

JAKARTA, RAKYATBENGKULU.COM – Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, Kementerian BUMN mempersembahkan Istana Berbatik.

Sebagai wujud melestarikan identitas budaya Nusantara tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI turut berperan aktif dalam mendukung kegiatan yang digelar pada Minggu (1/10) di Kawasan Istana Merdeka, Jakarta.

Perhelatan tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dalam sambutannya senantiasa mengajak seluruh masyarakat untuk aktif melestarikan dan membanggakan Batik Indonesia.

“Indonesia patut berbangga memiliki Batik, yang bukan hanya sebagai karya seni biasa tapi warisan budaya tak benda budaya dunia,” ucapnya.

BACA JUGA:BRI dan SRCIS Kolabs Ekosistem Toko Kelontong, Dagang Lebih Mudah dan Praktis

Senada dengan Presiden Jokowi. Menteri BUMN, Erick Thohir mengajak masyarakat Indonesia untuk aktif melestarikan dan menumbuhkan kebanggan serta kecintaan terhadap kekayaan Indonesia salah satunya batik.

Erick juga menekankan agar rasa kebanggaan atas batik harus selalu ditanamkan dalam hati seluruh pegawai di Lingkungan Kementerian BUMN dan BUMN.

"Batik kerap menemani dalam berbagai aktivitas, bukan sekedar busana, namun mengandung sejarah dan nilai-nilai tradisi luhur serta filosofi dari bangsa Indonesia yang sangat berharga, dimana sarat akan kekayaan budaya kita, itu sebabnya kita patut terus berbangga dan turut serta melestarikan batik dalam kehidupan sehari-hari kita," ujar Erick.

Sementara itu Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto yang hadir langsung pada perhelatan tersebut mengungkapkan dukungan penuh untuk perhelatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian perseroan dalam melestarikan warisan budaya Indonesia.

BACA JUGA:Komitmen Kuat pada Sustainable Financing, BRI Kembali Terbitkan Green Bond, Cek Jadwalnya!

“Batik merupakan intangible heritage dari Indonesia dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Untuk itu tentu harus kita jaga, rawat, dan lestarikan bersama,” ucapnya.

BRI mempercayakan 6 nasabah UMKM untuk tampil dan mendukung selama gelaran Istana Berbatik berlangsung. Mereka adalah Apip Batik yang menampilkan Batik Jogja, Batik Pekalongan yang ditampilkan Perada Batik, Batik Solo yang ditampilkan oleh Batik Soga, Batik Sasirangan Banjarmasin yang ditampilkan oleh Irma Batik, Batik Lasem yang ditampilkan oleh Purnomo Batik, dan Batik Madura yang ditampilkan oleh Arji Batik.

Dalam mengembangkan UMKM, BRI memiliki berbagai program pemberdayaan, salah satunya adalah program klasterku hidupku yang saat ini BRI telah memberdayakan 17.418 klaster usaha di seluruh Indonesia, dan klaster-klaster ini setidaknya telah mendapatkan 1.155 pelatihan dan literasi serta 372 bantuan sarana prasarana produktif.

Dan selanjutnya program Rumah BUMN. BRI telah memiliki 54 Rumah BUMN, yang menaungi lebih dari 400 ribu pelaku UMKM dan telah melaksanakan lebih dari 10 ribu pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: