HONDA

Ekspor Bengkulu Terbang ke 5 Negara Besar, Cangkang Sawit Hingga Ekspor Lintah Senilai Rp62,3 Juta

Ekspor Bengkulu Terbang ke 5 Negara Besar, Cangkang Sawit Hingga Ekspor Lintah Senilai Rp62,3 Juta

Ekspor Bengkulu Terbang ke 5 Negara Besar: Cangkang Sawit Hingga Ekspor Lintah Senilai Rp62 Juta--bpsprovinsibkl/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Secara umum, ekspor dari Provinsi Bengkulu, di bulan Agustus 2023, terbang ke 5 negara. Selain batubara, Provinsi Bengkulu juga mengekspor lintah, nilainya mencapai sekitar Rp62,3 juta.

Adapun negara yang jadi tujuan ekspor dari Provinsi Bengkulu, di Agustus 2023 tertinggi, India. Di negara ini, Bengkulu mengekspor batubara. Dengan nilai transaksi mencapai Rp107,8 miliar lebih.

Disusul ekspor batubara dari Provinsi Bengkulu ke negara Bangladesh. Barang yang di ekspor juga berupa batubara, yang nilainya sekitar Rp61,4 miliar lebih. Sebagaimana di rilis Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu, tertanggal 2 Oktober 2023.

Berikutnya batubara di ekspor dari Provinsi Bengkulu, tujuannya Negara Malaysia. Selain berupa batubata, juga di ekspor dari Bengkulu, berupa paket pos. Total nilai ekspornya sekitar Rp29,7 miliar.

BACA JUGA:Daftar Kabupaten dan Kota Terkaya di Bengkulu! Dapat DAK Non Fisik 2024: BU dan Kota Bengkulu Mendominasi

Selain itu, ekspos dari Bengkulu juga menyasar sejumlah negara lainnya di kawasan Asean. Besaran ekspornya hanya 12,60 persen, dengan nilai ekspornya juga sekitar Rp 29,7 miliar.

Selanjutnya ekspor Bengkulu ke negara Uni Eropa, sekitar Rp 6,3 miliar. Lalu ke sejumlah negara lainnya mencapai Rp 199,6 miliar. Termasuk sekitar Rp 36,7 miliar nilai ekspor berupa batubara, karet, lintah dan lainnya dengan tujuan selain negara – negara yang telah disebutkan di atas.

Komoditas terbesar yang di ekspor dari Provinsi Bengkulu, berupa batubara. Nilainya mencapai 199,04 miliar.

Disusul ekspor cangkang sawit, dengan nilai ekspor sekitar Rp22,1 miliar. Dan ekspor karet sebesar Rp 14,6 miliar. Kemudian ekspos lintah, senilai Rp62,3 juta.

BACA JUGA:Siapa Sangka! Hidup dari Keluarga Sederhana, 3 Weton Ini Malah Dapat Warisan, Auto Jadi Orang Kaya

Total nilai ekspor dari Provinsi Bengkulu di bulan Agustus 2023 mencapai Rp235,8 miliar. Meningkat dibandingkan bulan Juli 2023 sebesar Rp195,6 miliar.

Namun jika dibandingkan nilai ekspor dari Provinsi Bengkulu di bulan Agustus 2022, maka nilai ekspor tahun ini masih jauh turun. Sebab di Agustus tahun 2022 itu, nilai ekspor dari Provinsi Bengkulu tercatat sebesar 20,39 juta dolar yang jika dikonversikan dengan nilai rupiah saat ini, nilainya mencapai Rp317,8 miliar.

Untuk diketahui, ekspor dari Provinsi Bengkulu, tidak seluruhnya langsung dari Bengkulu ke negara tujuan. Tapi beberapa harus melalui pelabuhan dan bandara lain di luar Bengkulu.

Mengingat sampai saat ini, Provinsi Bengkulu belum memiliki bandara internasional. Sehingga yang bisa langsung ke negara tujuan, hanya ekspor yang bisa melalui Pelabuhan Pulau Baai. Dengan nilai Rp221,17 miliar.

BACA JUGA:Ini Kabupaten dan Kota Terkaya di Bengkulu, Panen DAK Fisik 2024

Sedangkan jalur lain ekspor sejumlah komiditi dari Provinsi Bengkulu, yakni Pelabuhan Boom Baru Provinsi Sumatera Selatan. Dengan nilai ekspor sebesar Rp14,6 miliar.

Selanjutnya ekspor dari Bengkulu ke negara tujuan dikirim melalui Bandara Internasional Sukarno-Hatta. Nilai ekspor sekitar Rp90,5 juta dan melalui Bandara Internasional Ngurah Rai Provinsi Bali, sekitar Rp4,1 juta.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"