Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Bangun Hubungan Baik dengan Klien, Perlu Komunikasi Jelas dan Ringkas, Coba Tips Berikut

Bangun Hubungan Baik dengan Klien, Perlu Komunikasi Jelas dan Ringkas, Coba Tips Berikut

Bangun Hubungan Baik dengan Klien, Perlu Komunikasi Jelas dan Ringkas, Coba Tips Berikut--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Membangun hubungan yang baik dengan klien sangat perlu dilakukan. Ketika klien senang dan nyaman memiliki hubungan dengan kita, maka kerjasama bisa berjalan lebih lama. Perlu meyakinkan klien agar senang bekerjasama dengan kita dan sebaliknyapun. 

Bila klien merasa puas dengan pekerjaan yang kita lakukan. Mereka akan merekomendasikan kita ke rekan-rekan mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun hubungan baik, apalagi jika kita adalah tenaga profesional yang berhubungan langsung dengan klien. 

BACA JUGA:Bullying Mengintai, Perhatikan Fisik dan Psikis Anak, Bila Ada Temuan Segera Ambil Tindakan

Hubungan yang baik dapat memberikan peluang menguntungkan dan kesuksesan yang lebih baik. Apa yang harus kita lakukan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan? Yuk simak tipsnya berikut ini. 

Cari tahu tentang klien

Saat pertama kali menghubungi atau bertemu klien, sebaiknya kita sudah dapat informasi tentang perusahaan klien, timnya dan bergerak dibidang apa. Dengan cara ini kita bisa memulai percakapan dengan percaya diri, antusias dan memberikan kesan yang baik. 

BACA JUGA:Lawan Perubahan Iklim, BRI Targetkan Capai Net Zero Emission di Tahun 2050

Tarmasuk menginformasikan tentang pribadi kita serta profil perushaan. Mengenal klien, berarti kita juga harus tahu bahasa yang digunakan. Cari tahu juga gaya komunikasi apa yang disukai pelanggan. Apakah mereka lebih suka berkomunikasi melalui tatap muka, telepon atau email. 

Cara terbaik untuk mengenal klien adalah dengan mengatur pertemuan, bila satu kota dengan kita bisa saling mengenal budaya dan komunikasi. Jika tidak memungkinkan, kita bisa mencoba melakukan video call atau telpon.

 BACA JUGA:Mendaki Gunung Bikin Ketagihan, Bagi Pemula Perlu Persiapan Matang, Bisa Saja Bahayakan Diri

Adakan Pertemuan Rutin

Seiring berjalannya kerjasama, ada baiknya melakukan pertemuan rutin. Tidak ada salahnya sesekali mengatur jadwal makan siang bersama atau mampir ke kantor klien. Pada pertemuan tersebut kita dapat mendiskusikan tentang pekerjaan atau hanya menambah referensi tentang klien. 

Pertemuan rutin dengan pelanggan menjadi cara terbaik untuk menemukan hal-hal baik yang memuaskan pelanggan. Selain itu, juga jadi kesempatan yang tepat untuk tahu hal-hal yang masih perlu ditingkatkan. Pertemuan yang tenang dengan lebih banyak ruang dapat mendorong klien berbagi ide dan pemikiran mereka. 

BACA JUGA:Lepas Penat dan Stres, Bisa Hilangkan Bau Kaki, Rendam dengan Larutan Air Hangat dan Garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: