HONDA

Lempuk Durian Khas Bengkulu, Disukai Semua Kalangan, Manfaatkan Daging Durian Segar

Lempuk Durian Khas Bengkulu, Disukai Semua Kalangan, Manfaatkan Daging Durian Segar

Lempuk Durian Khas Bengkulu, Disukai Semua Kalangan, Manfaatkan Daging Durian Segar--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Kuliner satu ini sudah terkenal hingga ke kancah nasional dan internasional. Lempuk durian, makanan khas tradisional asli Bengkulu ini digemari semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Namanya juga lempuk durian, tentu bahan dasarnya menggunakan daging segar buah durian yang dikenal sebagai king fruits. Saat durian sedang musim atau melimpah, harga lempuk durian tidak terlalu mahal. Tetapi saat tidak musim harganya pun akan lebih mahal. Sebab proses pembuatannya makan waktu cukp lama.

BACA JUGA:Dihujani Rezeki! Inilah Daftar Weton Paling Istimewa, Sukses Karir dan Pekerjaan

Saat tidak musim pengrajin biasanya menggunakan durian beku, yang memang sengaja disimpan untuk mengatasi kesulitan mencari bahan bakui saat tengah tidak musim. Meski sudah disimpan, cita rasa durian beku tetap saja menggoda. 

Apalagi kalau sudah berpadu dengan bahan lain pembuat lempuk. Karena rata-rata lempuk durian ini dibuat tanpa pengawet, tentu ada masa kedaluwarsa atau batas waktunya. Meski tanpa pengawet, cita rasa lempuk durian khas Bengkulu tetap yang terbaik. 

BACA JUGA:Ini Trik Dapat Pinjaman KUR Bagi Usaha yang Baru Berdiri, Bisa Cair Rp 10 Juta

Selain menjadi jajanan populer di kalangan penduduk setempat, lempuk durian juga sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu. Lempuk  durian juga menjadi salah satu warisan kuliner Bengkulu. Makanan ini mencerminkan kekayaan alam daerah dan merupakan cara unik untuk merasakan keanekaragaman kuliner Indonesia.  

Bila kamu berencana berkunjung ke Bengkulu, jangan lupa mencoba lempuk durian. Guna merasakan cita rasa khas daerah tersebut. Lempuk durian Bengkulu akan memanjakan lidah kamu dengan aroma yang khas dan rasanya yang nikmat. Pengalaman makan lempuk durian akan membawa kamu pada perjalanan kuliner tak terlupakan di Bengkulu.

BACA JUGA:Kenali ciri-ciri Burung Murai Batu Bermental Juara, Jangan Salah Pilih

Melalui Proses Pemasakan Hingga Berjam-jam

Pembuatan lempuk durian memakan waktu hingga berjam-jam, bahkan sampai 3 jam untuk satu adonan. Kamu tentu tahu, yang dimasak adalah daging durian, ditambah gula dan garam. Cara membuatnya sangat mudah, semua bahan disatukan dan dipanaskan. 

Masak dengan api kecil, hingga tiga jam atau hingga adonan mengental. Selama memasak adonan harus terus diaduk, agar bagian bawahnya tidak gosong dan adonan tercampur merata. Tunggu hingga campuran menjadi dingin, lalu masukkan ke dalam kantong plastik. 

BACA JUGA:7 Bahan Alami Cocok Untuk Anda Atasi Nyeri Pinggang

Keterampilan mengaduk juga harus diperhatikan, karena jika dilakukan sembarangan dasar adonan bisa gosong sehingga mempengaruhi aroma dan rasa lembutnya. Rasa lempuk durian sangat unik dan tak terlupakan, dengan kombinasi manis dan asin yang berasal dari buah durian berkualitas tinggi.(**) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: