HONDA

Wow! Begini Tips Sukses Tanam Anggur dari Biji dengan Media Hidroponik

Wow! Begini Tips Sukses Tanam Anggur dari Biji dengan Media Hidroponik

Wow! Begini Tips Sukses Tanam Anggur dari Biji dengan Media Hidroponik--Badri/rakyatbengkulu

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM- Menanam buah anggur dirumah adalah hal yang menyenangkan selain mengisi waktu luang pada hari libur juga bisa menghilangkan stres, sebab kehadiran tanaman buah-buahan juga sebagai tanam hias mempercantik rumah.

Seiiring dengan perkembangan teknologi pertanian, menanam anggur secara hidroponik saat ini jauh lebih dimintai daripada menggunakan media tanam tanah bercampur kohe hewan dan sekam bakar.

Lalu, bagaimana tips sukses menanam anggur dari biji dengan media tanam hidroponik? Simak ulasan berikut ini:

Konsekuensi menanam anggur dari biji tentu berbeda dengan pemesanan bibit anggur siap tanam dengan okulasi atau stek batang anggur.

BACA JUGA:Hemat Modal! Manfaatkan Barang Bekas Sebagai Media Tanam Hidroponik, Begini Caranya

Semai dari biji memakan waktu yang lama, setidak seminggu batu biji mulai berkecambah.

Anda bisa membeli bibit anggur sesuai selera, mau yang biji anggur ataupun biji turunan dan bisa menemukan biji anggur dari berbagai platform toko online terutama yang menjual berbagai keperluan hidroponik.

Atau dengan cara anggur yang dibeli di pasar diambil bijinya dan dibersihkan kemudian dikeringkan. 

Setelah biji benih anggur tiba, langkah selanjutnya penyortiran biji anggur dengan cara merendam biji anggur menggunakan air dingin dan diambil biji anggur yang terendam sedangkan yang terapung bisa langsung dipisahkan. 

BACA JUGA:Manfaatkan KUR, Ajukan Pinjaman Modal Rp50 Juta untuk Budidaya Sayuran Hidroponik, Begini Cara Hasilkan Cuan

Kemudian siapkan wadah perkecambahan berupa pot kecil atau kemudian beberapa lembar tisu yang sudah dibasahi dan disimpan pada suhu rendah atau suhu yang sejuk seperti didalam rumah.

Setelah beberapa hari biji anggur mulai berkecambah setelah itu dan mengeluarkan tunas. Kemudian mulai menyiapkan Rockwool dan dipotong seperti potongan tahu dan kecambah biji anggur dipindahkan kedalam rockwoll yang telah dibasahi dengan air vitamin perangsang akar atau vitamin B1.

Langkah berikutnya menyiapkan pot elastis berukuran sedang, rockwoll yang sudah dipotong seukuran pot kemudian dimasukan kedalam pot.

Termasuk menyiapkan pot berukuran besar kemudian pot kecil yang sudah dimasukkan rockwoll dengan bibit anggur kedalam pot besar sedangkan sela-sela diisi dengan pecahan batu bata dan kerikil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: