Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Berinvestasi Reksadana, Solusi Bagi Investor Pemula yang Serba Terbatas

Berinvestasi Reksadana, Solusi Bagi Investor Pemula yang Serba Terbatas

Solusi bagi investor pemula yang serba terbatas dengan berinvestasi Reksadana.--Foto: Ilustrasi Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Untuk kamu yang ingin berinvestasi akan tetapi memiliki banyak keterbatasan, misal seperti waktu yang terbatas, dana terbatas, informasi terbatas dan mempunyai pengetahuan yang juga terbatas tentang investasi, mungkin Reksadana ini dapat menjadi solusinya.

Reksadana ini mampu mengurangi resiko dari investasi, dikarenakan Reksadana ini disebar ke berbagai produk investasi, tetapi tentu saja tetap perlu mempelajari berbagai resiko dari Reksadana ini.

Diketahui Reksadana ini dikenal di Indonesia sejak tahun 1995 dan mulai berkembang pada tahun 1996. Perkembangan produk Reksadana ini relatif cukup pesat.

Adapun perkembangan pesat dari Reksadana ini tidak lepas dari karakteristik produk yang sangat cocok untuk para investor pemula yang punya banyak keterbatasan.

BACA JUGA:Tabung Emas Digital di GoInvestasi, Dapatkan Cashback Rp50.000

Untuk proses transaksi di Reksadana cukup mudah, kita tinggal mencari produk yang sesuai, pilih manajer investasinya, baca prospektusnya, kemudian lakukan pembelian dan transfer dananya. 

Dengan membeli langsung dari manajer investasinya pun juga bisa ataupun membeli lewat agen (bank) yang telah ditunjuk. Kamu tinggal datang ke penjual Reksadana, buka rekening Reksadana, isi formulir, fotokopi identitas, dan tentu dana untuk investasinya.

Sebagai bukti kepemilikan unit, maka kamu akan mendapat sertifikat Reksadana berdasarkan unit yang kamu beli.

Unit penyertaan Reksadana ada dua jenis, yang pertama unit penyertaan ini bisa dijual kembali ke manajer investasi yang disebut Reksadana terbuka, sedangkan yang kedua kebalikannya Reksadana tertutup, yang hanya dapat dijual ke investor lain melalui pasar sekunder. 

BACA JUGA:Investasi Emas untuk Kelompok Arisan, Dapatkan 1 Kilogram Emas di Sini !

Oleh karena itu manajer investasi ini merupakan elemen yang penting didalam transaksi Reksadana, untuk itu kamu harus mempercayakan pengelolaan dana kepada mereka.

Adapun manajer investasi ini bertugas mengelola dana-dana yang ditempatkan kepada surat berharga dan merealisasikan keuntungan ataupun kerugian dan menerima dividen atau bunga yang dibukukan ke NAB Reksadana. 

NAB ini ialah tolak ukur dalam memantau hasil dari suatu Reksadana, di setiap tahun atau setengah tahun maka kamu akan mendapatkan laporan investasi Reksadana yang dikirimkan manajer investasi.

Laporan inilah yang menjadi bukti atas kepemilikan kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"