HONDA

Mitos Kucing Calico Belang Tiga, Kucing Raja yang Diyakini Membawa Hoki dan Kaya Raya

Mitos Kucing Calico Belang Tiga, Kucing Raja yang Diyakini Membawa Hoki dan Kaya Raya

Kucing Raja yang diyakini membawa hoki dan kaya raya, mitos kucing Calico belang tiga. --Foto: Ilustrasi Freepik.com/Freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Mitos kucing dengan tiga warna telah lama terdengar, biasanya kalau ada kucing yang memiliki tiga warna ini kebanyakan pasti jenis kelaminnya betina karena kalau jantan akan dimakan oleh induknya.

Malahan kebanyakan orang-orang percaya kalau kucing jantan yang memiliki kombinasi tiga warna ini diyakini akan memiliki hoki besar dan bagi yang memeliharanya akan kaya raya.

Beredar berbagai cerita mengenai kucing yang memiliki warna belang tiga ini. Seperti di Indonesia kucing calico belang tiga ini disebut juga dengan belang telon, kehadirannya sering dihubungkan dengan mitos-mitos yang berbau mistis.

Diyakini kalau kucing belang tiga merupakan kucing raja atau pembawa keberuntungan, rezeki dan hal mistis lainnya.

BACA JUGA:Mitos Burung Gagak: Dianggap Pembawa Sial hingga Jelmaan Penyihir, Ternyata Mempunyai Kecerdasan Luar Biasa

Dikatakan sebagai kucing raja, konon ceritanya kucing belang tiga ini akan mengeluarkan tanduk pada malam Jumat Kliwon, akan tetapi hanya bagi orang-orang mempunyai kelebihan dapat melihatnya.

Tidak hanya di Indonesia, di Jepang kucing calico atau si belang tiga ini diyakini sebagai pembawa keberuntungan dan mempunyai kekuatan spiritual.

Ada kepercayaan mereka yang mengatakan kalau kucing calico ini dibawa berlayar maka dapat menyelamatkan kapal nenek moyang mereka dari bencana ombak serta mengusir makhluk-makhluk halus di lautan.

Karena itulah sampai pada saat ini masyarakat Jepang masih mempercayai kalau kucing calico merupakan pembawa hoki dan digambarkan ke dalam Maneki Neku atau boneka kucing dari keramik, yang biasanya diletakkan pada tempat usaha.

BACA JUGA:Bukan Berasal dari Indonesia, Begini Asal Usul Penamaan Burung Gereja

Lain lagi kalau di Amerika, kucing calico ini disebut juga dengan money cat dikarenakan bisa mendatangkan uang untuk pemiliknya, dikarenakan kucing calico ini langka maka dihargai sangat tinggi.

Karena memiliki kombinasi warna yang langka, kucing calico juga ditetapkan sebagai kucing resmi pada beberapa negara yaitu Maine, Massachusetts dan Maryland.

Untuk di Maryland kucing calico memiliki warna jingga, hitam dan putih yang sama dengan official birdnya yaitu Baltimore Oriole.

Mengutip dari buku  yang berjudul Mosaicism karya Richard Robinson, untuk warna belang tiga ini merujuk kepada pola warna di bulu kucing, bukan ras kucing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: