HONDA

Tahu Manajemen Perjalanan Pendakian, Tersedia Dana yang Cukup, Konsumi dan Perlengkapan Berbagai Kondisi

Tahu Manajemen Perjalanan Pendakian, Tersedia Dana yang Cukup, Konsumi dan Perlengkapan Berbagai Kondisi

Tahu Manajemen Perjalanan Pendakian, Tersedia Dana yang Cukup, Konsumi dan Perlengkapan Berbagai Kondisi --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Mendaki gunung kini menjadi hobi dan kegiatan menantang adrenalin. Saat berencana mendaki gunung, kamu harus memikirkan manajemen perjalanan pendakian

Apa misi Manajemen Perjalanan Pendakian? Secara umum manajemen berarti organisasi. Dalam aspek kehidupan ilmu manajemen ini dilakukan untuk mencapai tujuan. Setiap orang adalah pemimpinnya sendiri.

BACA JUGA:Sejarah Panjang Konflik Israel-Palestina Yang Tak Kunjung Usai, Akankah Berakhir?

Tugas kita dalam pengelolaan proses pendakian adalah memastikan perjalanan pendakian kita berjalan lancar.

Karenanya diperlukan ketersediaan dana yang cukup dan kebutuhan konsumsi selama pendakian. Kemudian perlengkapan untuk menghadapi berbagai kondisi di lokasi, kebugaran jasmani selama perjalanan hingga akhir.

BACA JUGA:Dijaga Khodam Raja Macan, Tak Cuma Sakti 3 Weton Ini Diprediksi Hidup Berlimpah Rezeki

Lalu antisipasi untuk kondisi terburuk (alat medis sederhana, alat komunikasi, pengetahuan bagaimana bertahan dalam kondisi buru,  dan lain-lain). Selanjutnya kebutuhan transportasi, urusan administrasi dan perizinan dan lain sebagainya. 

Walaupun terbiasa mendaki gunung, namun faktor risikonya tidak berubah. Risiko kecelakaan tidak membedakan antara yang berpengalaman dan belum berpengalaman. Semakin banyak penerapan manajemen perjalanan yang benar, semakin sedikit kita mengurangi faktor risiko dalam setiap perjalanan alam. 

BACA JUGA:Gunakan Lidah Buaya dan Minyak Zaitun, Bantu Rawat Rambut Rontok Secara Alami

Langkah pertama adalah menetapkan tujuan. Kemudian menentukan durasi perjalanan, menginventarisasi segala kebutuhan perjalanan pendakian dan menentukan tim (staf yang akan melakukan pendakian), pembagian tugas, tim tambahan seperti porter atau pemandu.

Kemudian Equipment (peralatan yang diperlukan untuk pendakian), Logistik atau konsumsi (berapa total konsumsi yang diperlukan selama perjalanan pendakian). 

BACA JUGA:Waw! Modal Kecil Cuma Rp100.000 Sudah Punya Reksa Dana. Ini Dia Paling Aman

Tak ketinggalan obat-obatan dan kebutuhan mendesak (menghitung risiko yang mungkin terjadi dan mempersiapkan pencegahan). Membuat manajemen administrasi dan perizinan, transportasi. Bagaimana kamu akan tiba di sana, biayanya dan bagaimana pemenuhannya. 

Langkah berikutnya pengaturan dan pembagian kerja. Pembagian tim sangatlah penting dan harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing tim. Leader haruslah orang yang paling memahami rute pendakian. Jika semua personel belum pernah mendaki di lokasi tersebut, sebaiknya pilih personel dengan kemampuan navigasi terbaik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: