HONDA

17 Oktober, Hari Trauma Sedunia, Juga Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional

17 Oktober, Hari Trauma Sedunia, Juga Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional

17 Oktober, Hari Trauma Sedunia, Juga Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com – Hari ini, tepatnya 17 Oktober 2023 ternyata diperingati sebagai Hari Trauma Sedunia dan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional. Padahal banyak yang tidak tahu tentang peringatan yang dilakukan skala dunia tersebut. 

Apa itu Hari Trauma Sedunia dan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional? Untuk lebih mengenal kedua peringatan tersebut, berikut ini lengkapnya.

BACA JUGA:Ternyata Sejarah Penggunaan Mata Uang di Peradaban Islam Mulai Berlaku di Masa Kepemimpinan Khalifah Ini

Hari trauma sedunia merupakan hari peringatan yang bermula terkait tingginya kematian yang disebabkan cedera traumatis, khususnya kecelakaan lalu lintas. Hari peringatan ini pertama kali dirayakan di New Delhi, India tahun 2011.

Setiap harinya jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas bisa mencapai 400 orang, yang tentu saja menimbulkan trauma di masyarakat.

BACA JUGA:Mengantuk di Pagi Hari, Konsumsi Kafein Malam Hari, Kurang Tidur dan Kekurangan Cairan

Banyak yang kemudian mengalami PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder, adanya pengalaman trauma dari kekerasan rumah tangga, kekerasan seksual yang tidak segera ditangani. Tujuan diperingatinya Hari Trauma Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang cara menghadapi trauma yang dialami.

Selain hari trauma sedunia, tanggal 17 Oktober juga rutin diperingati sebagai Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional. Hari peringatan ini berkaitan erat dengan peristiwa yang terjadi pada 17 Oktober 1987.

BACA JUGA:Maknai 3 Tahun Implementasi AKHLAK BUMN, BRI Terus Wujudkan Transformasi Culture Untuk Kinerja Berkelanjutan

Dimana lebih dari 100.000 orang berkumpul di Paris pada tahun tersebut untuk menghormati orang-orang yang mengalami kemiskinan ekstrim, kekerasan dan kelaparan. 

Hingga akhirnya pada bulan Desember 1992, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional yang diperingati setiap tanggal 17 Oktober. Sejak saat itu setiap 17 Oktober orang-orang berkumpul untuk menunjukkan solidaritas mereka terhadap masyarakat miskin.

BACA JUGA:Shocktober Promo Menarik Bulan Oktober, Diskon Angsuran dari Astra Motor Bengkulu

Tujuannya memerangi kemiskinan di dunia dan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kemiskinan harus dilawan secara bersama-sama, juga untuk menghormati peristiwa pertemuan orang-orang Paris tahun 1987.

Mari kita rayakan semua peringatan dengan dukungan melalui ucapan, tindakan dan hal-hal positif lainnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"