BANNER KPU
HONDA

Mendadak, Sipir dan 258 WBP Lapas Curup Dites Urine

Mendadak, Sipir dan 258 WBP Lapas Curup Dites Urine

Mendadak, Sipir dan 258 WBP Lapas Curup Dites Urine--Badri/rakyatbengkulu

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Secara mendadak menjelang absen pulang kerja, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup melakukan tes urine terhadap sipir dan 258 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Narkoba, Senin 30 Oktober 2023 sekira pukul 16.00 WIB.

Kalapas Kelas IIA Curup, Ronaldo Devinci Talesa saat A.md.IP saat dihubungi rakyatbengkulu.com membenarkan adanya tes urine secara mendadak terhadap pegawai Lapas Kelas IIA Curup dan 258 WBP narkotika ini. 

"Tadi sore kita melakukan tes urine secara acak terhadap 30 pegawai Lapas Kelas IIA Curup termasuk 258 WBP narkotika yang sudah menjalani rehabilitasi. Hasil keseluruhan tes urine tersebut negatif," ungkap Kalapas.

Dikatakan Kalapas, melihat jumlah WBP narkotika hampir 36 persen dari jumlah 671 WBP saat ini, Lapas Curup mendapat perhatian khusus dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu Bidang Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehatan, Lola Basan Baran dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Bengkulu.

BACA JUGA:Lacak Penyalahgunaan Narkotika, 27 Hakim PN Bengkulu Dites Urine, Hasilnya sudah Ada

"Tadi selain menghadiri penutupan program rehabilitasi terhadap 40 WBP narkoba juga Bidang Pelayanan melakukan tes urine WBP narkoba, kedepan tes urine juga akan dilakukan secara berkala namun tetap secara mendadak," papar Kalapas.

Kalapas menuturkan banyaknya warga binaan kasus narkotika ini memang menjadi atensi khusus, karena penyalahgunaan narkotika yang dilakukan warga binaan dan pegawai ini jadi pemicu gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di dalam Lapas.

“Penyalahgunaan narkotika di Lapas ini jadi pelanggaran berat, dan ini menjadi perhatian serius kita karena gangguan ketertiban dan keamanan sehingga harus diberantas dan dicegah dengan baik," ujarnya.  

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehatan, Lola Basan Baran dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Candra Kushendar yang mengawasi langsung tes urine, mengapresiasi hasil tidak adanya pegawai dan warga binaan narkotika yang positif menggunakan narkoba.

BACA JUGA:BNNP dan Ditlantas Cek Kesiapan Otobus, Sopir dan Teknisi Dites Urine

"Tadi kita acak tes urine baik warga binaan dan pegawai kita. Total ada 30 orang yang dites urine, dan hasilnya semua negatif tidak ada yang memakai narkoba," singkat Candra.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: