HONDA

Menggunakan Monoshock, Super Cub Retro Ini Keluaran Kawasaki Tahun 1961

Menggunakan Monoshock, Super Cub Retro Ini Keluaran Kawasaki Tahun 1961

Super Cub Retro ini keluaran Kawasaki tahun 1961, menggunakan monoshock.--Foto: Facebook/Aconkkuampret

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sepeda motor Super Cub pertama kali muncul di Jepang di tahun 1958 yaitu Super Cub C100 dengan mesin berkapasitas 50 CC 4 tak dan transmisi tiga percepatan.

Sepeda motor super Cub C100 ini merupakan pionir sepeda motor bebek bermesin 4 tak di dunia. 

Diketahui Kawasaki yang juga merupakan pabrikan ternama berasal dari Jepang, mengungkapkan sebuah rahasia masa lalu yang mungkin belum banyak yang mengetahui.

Pabrikan Kawasaki ini pernah mempunyai sepeda motor bebek jadul yang mirip dengan ikon klasik sepeda motor Honda, yaitu Super Cub.

BACA JUGA:Mirip Honda Super Cub Generasi Pertama, Sepeda Motor Retro SYM Symba Ternyata Keluaran Pabrikan Taiwan

Adapun sepeda motor bebek retro ini bernama Kawasaki 125B7, yang pertama kali dirilis pada tahun 1961-an di Jepang.

Sepeda motor retro ini mempunyai tampilan yang sangat klasik dengan headlamp bulat dan lampu sein bulat yang menyatu dengan setang, jok single seater-nya juga mirip dengan sepeda motor Honda Super Cub.

Terdapat satu keunikan dari sepeda motor Kawasaki 125B7  yang membedakannya dari Honda Super Cub. Hal ini terlihat pada bagian suspensi belakangnya menggunakan tipe monoshock, yang biasanya ditemui pada motor sport.

Adapun keberadaan dari monoshock ini tersembunyi, ketika melihat dari samping kiri atau kanan, tidak akan terlihat selongsong sokbrekernya.

BACA JUGA:Motor Bebek Retro GPX POPz 125 2023 Asal Thailand, Harga 2 Kali Lipat Lebih Murah dari Honda Super Cub 125

Sepeda motor Kawasaki 125B7 ini didukung dengan mesin 123 cc 2-Tak karburator dengan pendingin udara, dan Transmisinya memakai girboks 4-percepatan dengan rantai sebagai penyalur tenaga ke roda sedangkan untuk pengereman sepeda motor Kawasaki 125B7 ini masih memakai rem tromol baik di depan ataupun belakang.

Walaupun memiliki gaya yang mirip dengan Honda Super Cub, namun tidak ada informasi yang menyebutkan kalau sepeda motor Kawasaki 125B7 ini pernah dipasarkan di Indonesia. Harga sepeda motor ini pada masa itu juga tidak diketahui.

Sepeda Motor Kawasaki 125B7 ini merupakan bagian dari sejarah yang mungkin sangat jarang diketahui oleh banyak orang.

BACA JUGA:Perkuat Karakter Premium Retro, Motor Legendaris Honda Super Cub C125 Dirilis Makin Stylish dan Unik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: