HONDA

Ini Dia ! Bendungan Tertua di Provinsi Bengkulu, Pembangunannya sejak Era Kolonial Belanda

Ini Dia ! Bendungan Tertua di Provinsi Bengkulu, Pembangunannya sejak Era Kolonial Belanda

Ini Dia ! Bendungan Tertua di Provinsi Bengkulu, Pembangunannya sejak Era Kolonial Belanda--dok/rb

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ini dia ! Bendungan tertua yang ada di Provinsi Bengkulu. Yakni bendungan Air Ketahun yang terletak di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Ini ! 6 Bendungan Terbesar di Provinsi Bengkulu, Masuk Wilayah Kerja Balai Sungai Sumatera VII

Pembangunan bendungan tertua di Provinsi Bengkulu ini sudah sejak era penjajahan kolonial Belanda. Hal ini mengacu dari laman website Balai Wilayah Sungai Sumatera VII. Disebutkan bahwa pembangunan bendungan Air Ketahun di Kabupaten Lebong oleh Belanda. 

BACA JUGA:4 Bendungan Rusak, Butuh Anggaran Rp 23 Miliar, Pemda Bengkulu Tengah Usul ke Kemen-PUPR

Area bendungan Air Ketahun di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu mencapai 3.010 hektar. Bendungan ini hanya memiliki satu saluran, yakni saluran kiri. Meski demikian, bendungan ini sangat bermanfaat bagi warga, khususnya petani padi sawah di Kabupaten Lebong. 

BACA JUGA:Menggembirakan! Penjualan AHM Selama IMOS+ 2023 Mencapai 459 Unit

Petani di Kabupaten Lebong cukup bahkan lebih beruntung dengan memiliki bendungan Air Ketahun yang sudah ada sejak era kolonial Belanda. Petani padi sawah di Kabupaten Lebong setidaknya lebih awal mengetahui dan menikmati saluran air irigasi untuk mengairi persawahan. 

BACA JUGA:Wow! 6 Merek Ini Jadi Motor Retro Paling Populer di Indonesia

Apalagi, pada tahun 1980, atau 35 tahun sejak Indonesia Merdeka 17 Agustus 1945, bendungan Air Ketahun di Kabupaten Lebong ini menjalani rehabilitasi oleh pemerintah Indonesia.  Rehab terhadap bangunan Belanda ini era Presiden RI ke-2 HM. Soeharto.

BACA JUGA:Ternyata Ini Asal Mula Penyebutan Istilah Motor Bebek di Indonesia

Dengan rehab itu, maka fungsi bendungan Air Ketahun di Kabupaten Lebong semakin baik. Air irigasi yang bersumber dari bendungan semakin meningkatkan produksi padi petani setiap musim panen. Petani sama sekali tidak pernah kekurangan air sawah. 

BACA JUGA:Ruko 2 Lantai Ludes Terbakar, Sumber Api dari Dapur Penggorengan Kerupuk

Bukan hanya itu, petani pun semakin banyak yang melakukan perluasan area persawahan mereka di wilayah Kabupaten Lebong, khususnya yang terjangkau saluran irigasi. Manfaat dari rehab bendungan Air Ketahun yang sudah dibangun oleh Belanda ini semakin dirasakan petani.

BACA JUGA:Sepeda Motor Retro dengan Sentuhan Modern, Honda Cross Cub 50 Super Irit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: